Oktaviani, Anggun Dwi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PAKAN ULAT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN BILANGAN 2 ANGKA UNTUK SISWA KELAS IV SDN TIRON 4. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060172.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060172_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060172_0719109101_0708087703_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (439kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060172_0719109101_0708087703_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (268kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060172_0719109101_0708087703_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (324kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060172_0719109101_0708087703_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (546kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060172_0719109101_0708087703_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (72kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060172_0719109101_0708087703_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (94kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060172_0719109101_0708087703_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dengan wawancara guru kelas IV dan melakukan pengamatan di SDN Tiron 4 pada kelas IV menggunakan media pembelajaran yang kurang menarik serta rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam memahami konsep pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa PAKAN ULAT (Papan Kantong Ular Tangga) dalam pembelajaran matematika pada materi pembagian bilangan 2 angka untuk siswa kelas IV di SDN Tiron 4. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: 1) Tahap Analysis, 2) Tahap Design, 3) Tahap Development. 4) Tahap Implementation, 5) Tahap Evaluation. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif untuk mendeskripsikan hasil wawancara dan observasi, sedangkan metode kuantitatif untuk menghitung skor dari kevalidan keefektifan dan kepraktisan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa wawancara, validasi media dan ahli materi, angket serta penilaian guru. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan produk pengembangan media PAKAN ULAT (Papan Kantong Ular Tangga) materi pembagian bilangan 2 angka untuk siswa kelas IV SDN Tiron 4. Produk yang dikembangkan yaitu Pengembangan Media PAKAN ULAT Untuk Siswa Kelas IV SDN Tiron 4. Media pembelajaran ini sudah divalidasi oleh validasi materi dan validasi media, hasilnya sudah memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan validasi media memperoleh skor 86%, sedangkan validasi materi memperoleh skor 95%. Sehingga dari dua validasi media dan validasi materi termasuk dalam kriteria “Sangat Valid”. Hasil uji kepraktisan dari angket respon guru memperoleh skor 98%, angket respon siswa uji coba memperoleh skor 97%, sehingga masuk dalam kriteria “Sangat Praktis” dan dapat dinyatakan bahwa media PAKAN ULAT praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta praktis untuk diterapkan tanpa perbaikan. Hasil uji keefektifan nilai post test siswa diperoleh 94% siswa mencapai ketuntasan belajar dengan nilai di atas KKM. Hal ini menunjukkan bahwa media "Sangat Efektif" dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap materi pembagian 2 angka. Simpulan dari hasil penelitian ini bahwa pengembangan media PAKAN ULAT untuk siswa kelas IV SDN Tiron 4 memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, PAKAN ULAT, Pembagian Bilangan, Matematika, ADDIE |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics 710 Education science > 772 Mathematics education 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 796 Education measurement and evaluation 710 Education science > 797 Curriculum development |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | ANGGUN DWI OKTAVIANI |
Last Modified: | 06 Aug 2025 16:39 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |