ANALISIS PROSES TRANSFER OF KNOWLEDGE ANTARA GURU DAN SISWA KELAS V SD NEGERI SUGIHWARAS 2 PADA MATERI PENGOLAHAN DATA

Hermawan, Eriko Bayu (2025) ANALISIS PROSES TRANSFER OF KNOWLEDGE ANTARA GURU DAN SISWA KELAS V SD NEGERI SUGIHWARAS 2 PADA MATERI PENGOLAHAN DATA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2114060088.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060088_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060088_0714118403_0722039001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060088_0714118403_0722039001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060088_0714118403_0722039001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060088_0714118403_0722039001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060088_0714118403_0722039001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060088_0714118403_0722039001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (217kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060088_0714118403_0722039001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan guru serta siswa kelas V SD Negeri Sugihwaras 2. Ditemukan bahwa proses transfer of knowledge yang dilakukan guru masih menggunakan metode konvensional (teacher-centered), di mana guru menjadi satu-satunya sumber informasi. Hal ini menyebabkan siswa cenderung pasif, sehingga berdampak pada rendahnya peningkatan kompetensi mereka. Padahal, proses pembelajaran seharusnya berpusat pada siswa (student-centered) agar mereka lebih aktif dan terlibat dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa permasalahan, yaitu: (1) Bagaimana proses transfer of knowledge antara guru dan siswa kelas V SD Negeri Sugihwaras 2 pada materi pengolahan data? (2) Bagaimana dampak dari proses tersebut? (3) Apa saja hambatan yang dihadapi guru? dan (4) Bagaimana solusi yang diterapkan untuk mengatasi hambatan tersebut? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Instrumen penelitian meliputi pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan 17 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses transfer pengetahuan antara guru dan siswa dalam pembelajaran materi pengolahan data di kelas V SD Negeri Sugihwaras 2 berlangsung efektif melalui strategi komunikasi yang adaptif, metode pembelajaran yang sesuai, serta hubungan interpersonal yang positif. Guru menggunakan metode campuran seperti ceramah, diskusi, dan praktik langsung yang disesuaikan dengan karakter siswa, sehingga membantu pemahaman konsep dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan ini mendorong peningkatan partisipasi, berpikir kritis, hasil belajar yang melampaui KKM, serta perkembangan kognitif dan afektif siswa, meskipun tetap ada hambatan seperti rasa malu, perbedaan kemampuan belajar antar siswa dalam satu kelas. Untuk mengatasi hal tersebut, guru menerapkan strategi reflektif dan kolaboratif melalui kerja sama dengan teman sejawat, guru juga dapat menerapkan pembelajaran diferensiasi, yaitu menyesuaikan strategi pengajaran dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan masing-masing siswa, serta dapat mengelompokkan siswa secara fleksibel untuk menciptakan pembelajaran kolaboratif, serta menggunakan media dan metode yang variatif agar materi dapat diterima oleh berbagai tipe pelajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Transfer Of Knowledge, Guru Dan Siswa, Pengolahan Data
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ERIKO BAYU HERMAWAN
Last Modified: 06 Aug 2025 15:04
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19903

Actions (login required)

View Item View Item