Prastica, Hanny Cindy (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_84202_2115010012.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010012_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010012_0730128505_0702018801_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (812kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010012_0730128505_0702018801_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (478kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010012_0730128505_0702018801_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (577kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010012_0730128505_0702018801_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (415kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010012_0730128505_0702018801_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (311kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_84202_2115010012_0730128505_0702018801_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (218kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010012_0730128505_0702018801_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (831kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan terhadap objek penelitian yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa khususnya pada mata pelajaran matematika. Kurangnya minat belajar matematika mereka karena model pembelajaran yang tidak cukup menarik dan monoton sehingga membuat mereka bosan pada saat jam pelajaran matematika. Untuk itu dilaksanakan penelitian ini untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menganalisis persoalan matematika pada materi barisan dan deret aritmtika dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan bantuan e- lkpd. Selain itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menganalisis persoalan matematika khususnya siswa kelas X SMK pada materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMk Arrahmah Papar mengambil subjek siswa kelas X- TSM sebagai kelas eksperimen dan X-TKR sebagai kelas kontrol dengan memberikan pretest dan posttest pada siswa yang masing – masing siswa berjumlah 30 siswa setiap kelas. Dimana pada kelas eksperimen nantinya akan mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan bantuan e-lkpd dan pada kelas kelas kontrol akan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan data yang diperoleh dalam penelitian ini diuji menggunakan bantuan IBM SPSS . Hasil dari penelitian ini adalah Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari hasil pretest dan posttest. Pada kelas eksperimen diperoleh rata – rata skor pretest adalah 48.17 dan rata – rata skor postest sebesar 81.83 sehingga terjadi peningkatan rata – rata sebesar 33.66 setelah diberikan perlakuan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan berbantuan e-lkpd. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata -rata skor pretest sebesar 48.50 dan rata – rata skor posttest sebesar 76.83 dan terdapat peningkatan rata – rata sebesar 28,33 tanpa adanya perlakuan. Dan dapat dilihat bahwa peningkatan rata – rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada uji Mann Witney U Test diketahui bahwa nilai Asymp.Sig(2- tailed) sebesar 0,005. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis satu diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning dengan berbantuan e-lkpd antara kelas Eksperimen (CTL) dan kelas kontrol (Konvensional).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning, E-LKPD, Pemecahan Masalah Matematis, Barisan dan Deret Aritmatika |
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hanny Cindy Prastica |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 09:17 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 09:17 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19618 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |