Ramadhani, Nova Putri (2025) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MAPEL EKONOMI POKOK BAHASAN KELANGKAAN SUMBER DAYA DAN CARA MENGATASINYA (SURVEY PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRAMBON). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_87203_2112030017.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_87203_2112030017_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_2112030017_0006016701_0711098201_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87203_2112030017_0006016701_0711098201_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (259kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87203_2112030017_0006016701_0711098201_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (429kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87203_2112030017_0006016701_0711098201_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (467kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87203_2112030017_0006016701_0711098201_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (95kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_87203_2112030017_0006016701_0711098201_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (310kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87203_2112030017_0006016701_0711098201_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
Abstract
Proses pembelajaran abad ke-21 menekankan pentingnya kemampuan berfikir kritis dan pemecahan masalah dalam menghadapi tantangan kehidupan nyata. Secara umum, kemampuan pemecahan masalah masih menjadi tantangan bagi banyak siswa di Indonesia. Motivasi belajar dan self-efficacy siswa diduga menjadi faktor yang berkontribusi dalam kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan Kelangkaan Sumber Daya dan Cara Mengatasinya di Kelas X SMA Negeri 1 Prambon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey kausalitas untuk mengumpulkan data responden dari kelas X-6 sampai X-10 SMA Negeri 1 Prambon. Sampel sebanyak 122 siswa ditentukan menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan rumus slovin. Instrument penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi belajar dan self-efficacy, serta tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan uji regresi linar berganda. Hasil Penelitian menujukkan bahwa : 1) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai 0,002 < 0,05 dan t hitung > t tabel 3,129 > 1,980. 2) self-efficacy juga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai 0,42 < 0,05 dan t hitung > t tabel 2,055 > 1,980, dan 3) secara simultan, motivasi belajar dan self-efficacy memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai signifikansi uji f 0,000 < 0,05 dan f hitung > f tabel 8,570 > 3,07. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan motivasi belajar dan self-efficacy siswa dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah khuusnya pada mata pelajaran Ekonomi. Oleh karena itu, upaya peningkatan motivasi dan self-efficacy perlu menjadi perhatian bersama baik oleh guru, sekolah, orang tua maupun peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Motivation, Self-Efficacy, Problem Solving Skills |
Subjects: | 550 Economics > 560 Economics 710 Education science > 723 Economic education 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 795 Educational psychology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Nova Putri Ramadhani |
Last Modified: | 06 Aug 2025 08:48 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19614 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MAPEL EKONOMI POKOK BAHASAN KELANGKAAN SUMBER DAYA DAN CARA MENGATASINYA (SURVEY PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRAMBON). (deposited UNSPECIFIED)
- PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MAPEL EKONOMI POKOK BAHASAN KELANGKAAN SUMBER DAYA DAN CARA MENGATASINYA (SURVEY PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRAMBON). (deposited UNSPECIFIED) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |