PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MAPEL EKONOMI POKOK BAHASAN KELANGKAAN SUMBER DAYA DAN CARA MENGATASINYA (SURVEY PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRAMBON)

Ramadhani, Nova Putri (2025) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MAPEL EKONOMI POKOK BAHASAN KELANGKAAN SUMBER DAYA DAN CARA MENGATASINYA (SURVEY PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRAMBON). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full Text)
RAMA_87203_2112030017.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_87203_2112030017_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_2112030017_0006016701_0711098201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87203_2112030017_0006016701_0711098201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (259kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87203_2112030017_0006016701_0711098201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (429kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87203_2112030017_0006016701_0711098201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (467kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87203_2112030017_0006016701_0711098201_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (95kB)
[img] Text (References)
RAMA_87203_2112030017_0006016701_0711098201_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (310kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87203_2112030017_0006016701_0711098201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran abad ke-21 menekankan pentingnya kemampuan berfikir kritis dan pemecahan masalah dalam menghadapi tantangan kehidupan nyata. Secara umum, kemampuan pemecahan masalah masih menjadi tantangan bagi banyak siswa di Indonesia. Motivasi belajar dan self-efficacy siswa diduga menjadi faktor yang berkontribusi dalam kondisi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan Kelangkaan Sumber Daya dan Cara Mengatasinya di Kelas X SMA Negeri 1 Prambon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey kausalitas untuk mengumpulkan data responden dari kelas X-6 sampai X-10 SMA Negeri 1 Prambon. Sampel sebanyak 122 siswa ditentukan menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan rumus slovin. Instrument penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi belajar dan self-efficacy, serta tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan uji regresi linar berganda. Hasil Penelitian menujukkan bahwa : 1) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai 0,002 < 0,05 dan t hitung > t tabel 3,129 > 1,980. 2) self-efficacy juga berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai 0,42 < 0,05 dan t hitung > t tabel 2,055 > 1,980, dan 3) secara simultan, motivasi belajar dan self-efficacy memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai signifikansi uji f 0,000 < 0,05 dan f hitung > f tabel 8,570 > 3,07. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan motivasi belajar dan self-efficacy siswa dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah khuusnya pada mata pelajaran Ekonomi. Oleh karena itu, upaya peningkatan motivasi dan self-efficacy perlu menjadi perhatian bersama baik oleh guru, sekolah, orang tua maupun peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Learning Motivation, Self-Efficacy, Problem Solving Skills
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
710 Education science > 723 Economic education
710 Education science > 790 Education science
710 Education science > 795 Educational psychology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Nova Putri Ramadhani
Last Modified: 06 Aug 2025 08:48
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19614

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item