PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI SEJARAH KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BANGSA EROPA DI INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA KAHOOT PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 KEDIRI

Efendi, Muhammad Jainal (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI SEJARAH KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BANGSA EROPA DI INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA KAHOOT PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full text)
RAMA_87201_2114020003.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_87201_2114020003_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87201_2114020003_0005076902_0717076301_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (898kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87201_2114020003_0005076902_0717076301_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (317kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87201_2114020003_0005076902_0717076301_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (385kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87201_2114020003_0005076902_0717076301_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (511kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87201_2114020003_0005076902_0717076301_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (212kB)
[img] Text (References)
RAMA_87201_2114020003_0005076902_0717076301_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (241kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87201_2114020003_0005076902_0717076301_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran sejarah, khususnya pada materi Kolonialisme dan Imperialisme Bangsa Eropa di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Upaya meningkatakan peran aktif peserta didik dalam pembelajaran Sejarah melalui media pembelajaran Kahoot pada peserta didik kelas XI SMAN 8 Kediri? dan (2) Bagaimana Upaya meningkatkan hasil belajar sejarah melalui penerapan media Kahoot pada peserta didik kelas XI SMAN 8 Kediri? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan media Kahoot serta mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah media tersebut digunakan dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XI-5 SMAN 8 Kota Kediri dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan mengacu pada model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi tes hasil belajar untuk aspek kognitif, lembar observasi untuk aktivitas belajar peserta didik, dan angket untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media Kahoot. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji One Sample T-Test dan secara deskriptif kualitatif melalui observasi dan interpretasi angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Kahoot secara signifikan mampu meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Rata-rata nilai hasil belajar meningkat dari 87,75 pada siklus I menjadi 89,38 pada siklus II, dengan hasil uji t menunjukkan signifikansi terhadap nilai KKM (75). Keterlibatan aktif peserta didik juga meningkat dengan skor observasi di atas 93% pada kedua siklus, serta respon peserta didik yang semakin positif dengan skor angket meningkat dari kategori “setuju” menjadi “sangat setuju”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Kahoot merupakan alternatif media pembelajaran yang efektif dan relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah di jenjang SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Kahoot, Hasil Belajar, Kolonialisme dan Imperialisme,.
Subjects: 660 Art, design and media > 700 Media science
710 Education science > 720 Social science education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Sejarah
Depositing User: Muhammad Jainal Efendi
Last Modified: 06 Aug 2025 07:12
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19465

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item