STRATEGI IMPLEMENTASI NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SMK HASSANUDIN PARE

Lestari, Dyah Wahyuning (2025) STRATEGI IMPLEMENTASI NILAI-NILAI NASIONALISME DALAM PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SMK HASSANUDIN PARE. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_87025_2114030024 .pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_87025_2114030024_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87205_2114030024_0007016201_0704038902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (714kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87205_2114030024_0007016201_0704038902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87205_2114030024_0007016201_0704038902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87205_2114030024_0007016201_0704038902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87205_2114030024_0007016201_0704038902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_87205_2114030024_0007016201_0704038902_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (181kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87205_2114030024_0007016201_0704038902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi implementasi nilai- nilai nasionalisme dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di kelas X SMK Hassanudin Pare. Nilai-nilai nasionalisme seperti cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, semangat kebangsaan, serta penghargaan terhadap keberagaman merupakan bagian penting dalam membentuk karakter siswa sebagai warga negara yang baik. Di tengah tantangan globalisasi dan menurunnya semangat nasionalisme di kalangan generasi muda, pendidikan memiliki peran strategis dalam menginternalisasi nilai- nilai tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui tiga metode utama, yaitu wawancara mendalam, observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran dan kegiatan sekolah, serta dokumentasi terhadap perangkat pembelajaran dan arsip kegiatan. Teknik triangulasi metode digunakan untuk meningkatkan keabsahan data, yakni dengan membandingkan dan mengonfirmasi hasil dari ketiga sumber data tersebut. Subjek dalam penelitian ini meliputi guru PPKn, wakil kepala sekolah, serta siswa kelas X. Wawancara dilakukan untuk menggali pandangan dan pengalaman mereka dalam proses implementasi nilai- nilai nasionalisme. Observasi difokuskan pada aktivitas pembelajaran dan kegiatan yang mencerminkan nilai-nilai kebangsaan. Sedangkan dokumentasi dianalisis untuk menelusuri bukti-bukti tertulis mengenai strategi pembelajaran dan kegiatan penunjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi implementasi nilai-nilai nasionalisme dilakukan secara terpadu melalui berbagai pendekatan, seperti metode diskusi, studi kasus, refleksi nilai dalam kehidupan sehari-hari, serta penguatan melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti upacara bendera, peringatan hari nasional, dan program kebangsaan yang diadakan oleh sekolah. Lingkungan sekolah yang mendukung serta peran aktif guru turut menjadi faktor kunci dalam keberhasilan vii implementasi nilai-nilai tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi implementasi nilai- nilai nasionalisme di SMK Hassanudin Pare dilakukan secara sistematis dan menyeluruh melalui pembelajaran di kelas maupun kegiatan di luar kelas. Nilai- nilai tersebut tidak hanya diajarkan secara teoritis, tetapi juga ditanamkan melalui pengalaman langsung dan pembiasaan dalam kehidupan sekolah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik dan lembaga pendidikan dalam mengembangkan model pembelajaran yang efektif untuk memperkuat karakter kebangsaan di kalangan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Nasionalisme, PPKn, SMK
Subjects: 710 Education science > 721 Pancasila and civic education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Dyah Wahyuning Lestari
Last Modified: 06 Aug 2025 05:49
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19340

Actions (login required)

View Item View Item