PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 KEDIRI PADA MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BANGSA EROPA DI INDONESIA

Anggraini, Rindi (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 8 KEDIRI PADA MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BANGSA EROPA DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_87201_2114020011.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMAI_87201_2114020011_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87201_2114020011_0022086508_079059101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87201_2114020011_0022086508_079059101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87201_2114020011_0022086508_079059101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87201_2114020011_0022086508_079059101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87201_2114020011_0022086508_079059101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_87201_2114020011_0022086508_079059101_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (199kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87201_2114020011_0022086508_079059101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah Kolonialisme dan Imperialisme Bangsa Eropa di Indonesia. Pengalaman dalam melaksanakan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) menunjukkan kurangnya keikutsertaan peserta didik dan hasil belajar yang belum optimal. Banyak dari mereka yang menganggap materi ini berat dan sulit dipahami. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan inovasi dalam pendekatan pembelajaran agar suasana belajar lebih menarik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMAN 8 Kediri pada materi Kolonialisme dan Imperialisme Bangsa Eropa di Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Metode yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek sebanyak 36 peserta didik dari kelas XI dengan menggunakan instrumen yang teridiri dari angket, observasi, dan tes (Pre-Test dan Post-Test). Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) di kelas XI SMAN 8 Kediri dalam konteks materi kolonialisme dan imperialisme bangsa Eropa di Indonesia? (2) Bagaimanakah hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif TGT?. Temuan penelitian mengindikasi perubahan antara siklus I dan siklus II. Hasil Observasi peserta didik menunjukkan peningkatan dari 68% di siklus I menjadi 80% di siklus II. Data angket menunjukkan peningkatan dari 74% menjadi 85% sedangkan data hasil belajar pada ketuntasan klasikal secara berturut turut mencapai 64%, 72%, dan 92% yang telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model TGT efektif guna meningkatkan hasil belajar serta keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: TGT, Hasil Belajar, Koloniaslime dan Imperialisme
Subjects: 710 Education science > 722 Historical education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rindi Anggraini
Last Modified: 06 Aug 2025 05:41
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19242

Actions (login required)

View Item View Item