META ANALISIS: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Irdani, Laili Rahma (2025) META ANALISIS: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_2115010034.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010034_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010034_0002026403_0707067003_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010034_0002026403_0707067003_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010034_0002026403_0707067003_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010034_0002026403_0707067003_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010034_0002026403_0707067003_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_2115010034_0002026403_0707067003_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (517kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010034_0002026403_0707067003_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa. Dalam penelitian ini terdapat 10 artikel yang akan dianalisis dari tahun 2017-2024. Penelitian ini dirancang dengan rancangan studi review yang menggunakan teknik meta-analisis. Dengan mencari effect size dari beberapa artikel dalam jurnal. Effect size memberikan informasi terkait kekuatan dan besarnya pengaruh dari setiap penelitian yang terdapat dalam penelitian ini. Kata kunci dalam penelitian meta-analisis ini adalah pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa. Terdapat tiga jenjang pendidikan yaitu SD, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis dengan pendekatan kuantitatif menggunakan software olah data Openmee. Berdasarkan perhitungan meta-analisis, terdapat hubungan antar seluruh artikel. Dibuktikan dengan nilai p-value 0,001 yang berarti analisis signifikan dengan sig. 0,05 dan nilai I2 di atas 75%. Dengan heterogenitas sebesar 75,518, yang berarti cukup tinggi. Model pembelajaran inkuiri efektif diterapkan pada jenjang SMP/MTs, karena memiliki nilai effect size sebesar 1,126. Kedua, efektif pada jenjang SD dengan nilai 0,921 dan ketiga, efektif pada jenjang SMA dengan nilai effect size sebesar 0,631. Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri, Hasil belajar matematika, dan Meta-analisis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran inkuiri, Hasil belajar matematika, dan Meta-analisis
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: LAILI RAHMA IRDANI
Last Modified: 06 Aug 2025 03:00
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19152

Actions (login required)

View Item View Item