PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TAMAN SEKARTAJI MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KELAS 5 SD NEGERI MOJOROTO 2

Perkasa, Ahmad putra jala (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL TAMAN SEKARTAJI MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KELAS 5 SD NEGERI MOJOROTO 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060061.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060061_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060061_0706128701_0024086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060061_0706128701_0024086901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060061_0706128701_0024086901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060061_0706128701_0024086901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060061_0706128701_0024086901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060061_0706128701_0024086901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (244kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060061_0706128701_0024086901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di SD Negeri Mojoroto 2 yang belum optimal dalam penerapan media pembelajaran, akibatnya pembelajaran menjadi kurang menyenangkan dan membosankan, terlihat motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan video pembelajaran interaktif berbasis taman sekartaji materi ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas 5 SDN Mojoroto 2?. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran interaktif dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, serta keefektivan video pembelajaran interaktif berbasis taman sekartaji materi ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar pada kelas 5 Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D). Video pembelajaran yang di kembangkan berbasis pada Taman Sekartaji Kota Kediri dan akan di unggah pada aplikasi Tiktok. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam mengembangkan video pembelajaran interaktif ini terdapat 5 tahap yaitu (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Instrumen yang digunakan kan berupa angket validasi ahli media dan ahli materi untuk mengetahui kevalidan dari media yang dikembangkan, untuk melihat ke praktisan media yang dikembangkan peneliti memberikan angket respon guru dan siswa, dan untuk melihat hasil kefektifan media peneliti memberikan lembar pre-test dan post-test pada siswa. Hasil dari validasi yaitu ahli media memperoleh skor 90% dan ahli materi memperoleh skor 97%, penggabungan keduanya menghasilkan rata-rata skor sebesar “93,5%”, yang termasuk dalam kategori “sangat valid”. Hasil dari respon siswa memperoleh skor 98,5 % dan respon guru memperoleh skor 95%, penggabungan respoden siswa dan guru adalah 96,7% masuk kriteria “sangat praktis”. Hasil dari uji luas dilihat pre-test siswa mendapatkan nilai rata – rata 50,5 dan pada post-test terdapat peningkatan nilai rata – rata 85,8. Berdasarkan nilai rata – rata terjadi peningkatan 35,3 poin pada hasil belajar siswa, video interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan peneliti yaitu video pembelajaran interaktif dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran Interaktif, Kearifan Lokal, Hasil Belajar, Ekosistem
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ahmad Putra Jala Perkasa
Last Modified: 05 Aug 2025 14:15
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19054

Actions (login required)

View Item View Item