Cahyanti, Era Sabina (2025) PENGARUH LITERASI EKONOMI, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK FASHION DI SHOPEE PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_87203_2112030014.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_87203_2112030014_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_2112030014_0006016701_0719108702_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (693kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87203_2112030014_0006016701_0719108702_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (233kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87203_2112030014_0006016701_0719108702_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (310kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87203_2112030014_0006016701_0719108702_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (344kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87203_2112030014_0006016701_0719108702_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (26kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_87203_2112030014_0006016701_0719108702_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (256kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87203_2112030014_0006016701_0719108702_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa meningkatnya kecenderungan untuk melakukan pembelian secara impulsif, terutama pada produk fashion melalui platform e-commerce seperti fashion. Perubahan pola konsumsi ini menunjukkan pergeseran dari konsumsi berdasarkan kebutuhan menjadi konsumsi yang didorong oleh keinginan, tren, dan gaya hidup. Mahasiswa sebagai generasi muda yang sedang berada dalam proses transisi menuju kedewasaan idealnya mampu mengambil keputusan konsumsi secara rasional berdasarkan pemahaman ekonomi yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan. Namun, kenyataannya banyak mahasiswa yang masih menunjukkan perilaku konsumtif, di mana keputusan pembelian sering kali tidak didasarkan pada pertimbangan kebutuhan yang mendasar melainkan dipicu oleh faktor emosional dan dorongan sesaat, seperti diskon besar, penawaran terbatas, atau tampilan visual produk yang menarik. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tiga variabel bebas, yaitu literasi ekonomi, persepsi harga, dan promosi penjualan, terhadap perilaku pembelian impulsif produk fashion di Shopee pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antar variabel. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh, kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda yang diolah melalui perangkat lunak IBM SPSS versi 23. Teknik ini digunakan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan dari ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat, serta untuk mengukur seberapa besar kontribusi masing-masing variabel terhadap pembentukan perilaku pembelian impulsif mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, ketiga variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif. Literasi Ekonomi(X1) memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif dengan memperoleh nilai t hitung sebesar 2,908>1.661 dengan taraf uji signifikan t tabel yaitu 0,004<0,05. Persepsi Harga(X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif dengan dengan memperoleh nilai t hitung sebesar 0,247>1.661 dengan taraf uji signifikansi t table yaitu 0,000<0,05. Promosi penjualan(X3) juga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif dengan memperoleh nilai t hitung sebesar 2.927> 1.661 dan taraf uji signifikan t table yaitu 0,004<0,05. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,289 mengindikasikan bahwa 28,9% variasi dalam perilaku pembelian impulsif mahasiswa dapat dijelaskan oleh literasi ekonomi, persepsi harga, dan promosi penjualan, sementara sisanya sebesar 71,1% dijelaskan oleh faktor lain di luar model penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Ekonomi, Persepsi Harga, Promosi Penjualan, Pembelian Impulsif, Produk Fashion di Shopee |
Subjects: | 550 Economics > 560 Economics 550 Economics > 574 Marketing 710 Education science > 723 Economic education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Era Sabina Cahyanti |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:29 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18854 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH LITERASI EKONOMI, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK FASHION DI SHOPEE PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGARUH LITERASI EKONOMI, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK FASHION DI SHOPEE PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI. (deposited UNSPECIFIED) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |