Afni, Devi Wulan (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS APLIKASI I-SPRING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS NARASI SISWA KELAS IV SDN JATI TAROKAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (full text)
RAMA_86206_2114060049.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060049_SIMILARITIY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (169kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060049_0728129001_0022086508_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (373kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060049_0728129001_0022086508_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060049_0728129001_0022086508_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (412kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060049_0728129001_0022086508_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060049_0728129001_0022086508_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (112kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060049_0728129001_0022086508_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (239kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060049_0728129001_0022086508_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pemahaman siswa dalam materi teks narasi masih belum maksimal, banyak siswa yang kurang menguasai materi pembelajaran teks narasi. Kurangnya pemahaman siswa dalam materi teks narasi dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya yaitu menurunnya minat belajar siswa dikarenakan pembelajaran yang dirasa monoton oleh siswa, kurang adanya inovasi pembelajaran pada materi teks narasi. Dalam pembelajaran teks narasi mata pelajaran bahasa Indonesia belum menggunakan media pembelajaran. Banyak siswa yang merasa bosan dalam pembelajaran dikarenakan metode ceramah yang sering digunakan oleh guru. Banyak siswa mengalami penurunan nilai pada materi teks narasi dikarenakan siswa kurang memahami materi teks narasi. Hasil nilai ulangan siswa menunjukkan bahwa 72 % siswa memiliki nilai di bawah KKM dan hanya 28% siswa yang nilainya berada diatas KKM. Nilai KKM di SDN Jati Tarokan yaitu 75. Tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni: (1) Untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran digital berbasis aplikasi i-spring dalam memahami teks narasi siswa kelas IV SDN Jati Tarokan (2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran digital berbasis aplikasi i-spring dalam memahami teks narasi siswa kelas IV SDN Jati Tarokan (3) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran digital berbasis aplikasi i-spring dalam memahami teks narasi siswa kelas IV SDN Jati Tarokan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru dan 39 siswa kelas IV SDN Jati Tarokan. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa. (1) Hasil uji kevalidan memperoleh skor 81,5% dari validator ahli materi dan 88% dari validator ahli media dengan interpretasi sangat valid. Hasil dari uji validitas akan di akumulasikan menjadi 84,75% yang memiliki kriteria sangat valid. (2) Dari hasil uji kepraktisan guru mendapat nilai 94% dan rata-rata kepraktisan siswa mendapat nilai 90,5%. Uji coba kepraktisan media ini dikategorikan sangat praktis. (3) Dari hasil uji keefektifan diperoleh nilai uji coba terbatas 87% dan uji coba luas 86,2%. Sehingga hasil dari uji keefektifan mendapat nilai akumulatif 86,6% yang berarti uji coba keefektifan media ini memiliki kriteria sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital berbasis aplikasi i spring dalam memahami teks narasi siswa kelas IV SDN Jati Tarokan dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran teks narasi di kelas IV SDN Jati Tarokan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media,i-spring,narrative text |
Subjects: | 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Devi Wulan Nurafni |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:03 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |