Tinawa, Jati Widi (2025) PENERAPAN TEORI VYGOTSKY PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR MELALUI TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_84202_2115010017.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010017_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010017_0713087101_0705096503_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010017_0713087101_0705096503_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (653kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010017_0713087101_0705096503_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (414kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010017_0713087101_0705096503_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (573kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010017_0713087101_0705096503_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (356kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_84202_2115010017_0713087101_0705096503_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (238kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010017_0713087101_0705096503_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap materi bilangan berpangkat dan bentuk akar yang bersifat abstrak, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dapat dikatakan belum maksimal. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang hanya cenderung dengan cara sederhana yaitu dengan menggunakan teknik ceramah dan menghafal. Berdasarkan latar belakang tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan teori belajar vygotsky melalui media teka-teki silang. Dalam penelitian ini mengacu pada 5 indikator berpikir kritis yaitu (1) menganalisis, (2) mensintesis, (3) mengenal dan memecahkan masalah, (4) mengevaluasi, (5) menyimpulkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan teori vygotsky pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar siswa SMP Negeri 2 Kepung, (2) untuk mengetahui teori vygotsky pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar dengan menggunakan media teka-teki silang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 2 Kepung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen melalui desain One-Group Pretest Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Kepung. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, angket aktivitas siswa, dan soal pretest posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Paired Sample T-Test yang sebelumnya sudah dilakukan uji normalitas data dengan berbantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 26. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) penerapan teori belajar vygotsky memberikan hasil yang positif ditinjau dari nilai persentase hasil observasi aktivitas guru adalah 86% dan termasuk dalam kategori sangat baik. Kemudian, hasil observasi aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,6% dan dapat dikategorikan sangat baik. Sementara itu, angket aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,41% dan termasuk dalam kategori baik. (2) kemampuan berpikir kritis siswa meningkat setelah diberikan perlakuan pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar yang ditunjukkan pada indikator menganalisis memperoleh peningkatan sebesar 47%, indikator mensintesis memperoleh peningkatan sebesar 97%, indikator mengenal dan memecahkan masalah memperoleh peningkatan sebesar 6%, indikator mengevaluasi memperoleh peningkatan sebesar 85%, dan indikator menyimpulkan memperoleh peningkatan sebesar 15%. Berdasarkan peningkatan dari masing-masing indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan teori belajar vygotsky dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teori Vygotsky, Bilangan Berpangkat, Bentuk Akar, Teka-Teki Silang, Berpikir Kritis |
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jati Widi Tinawa |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:52 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |