ANALISIS KEBERHASILAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Teana, Stefani Aurora Afrida Meika (2025) ANALISIS KEBERHASILAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_2115010023.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010023_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010023_0705096503_0713087101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (537kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010023_0705096503_0713087101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010023_0705096503_0713087101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010023_0705096503_0713087101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010023_0705096503_0713087101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_2115010023_0705096503_0713087101_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (146kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010023_0705096503_0713087101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Trigonometri, Pendekatan Matematika Realistik, Multimedia Interaktif Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan pembelajaran yang masih monoton dan menggunakan pembelajaran konvensional. Pembelajaran yang terbaru akan membantu siswa dalam memahami materi yang akan dipelajari. Pemanfaatan teknologi sebagai salah satu contoh ide kreatif dalam menciptakan suasana baru dalam kegiatan belajar mengajar. Selain memanfaatkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar guru atau pendidik harus mampu menggunakan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa dan mengunakan strategi pembelajaran yang menyenangkan. Strategi pembelajaran yang tepat dan menarik yang dapat kita gunakan adalah dengan menggunakan metode pembelajaran yang dikolaborasikan. Maka dari itu kita harus memerhatikan metode dan strategi pembelajaran sebelum memulai kegiatan belajar mengajar di kelas. Keberhasilan proses pembelajaran didukung oleh tiga komponen yaitu guru, siswa, dan media pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu kita harus memiliki inovasi baru yang tepat dan menarik terutama pada media pembelajaran. Pemilihan multimedia yang tepat dapat menciptakan suasana yang menyenangkan. Dalam menciptakan multimedia interaktif para pendidik dituntut untuk dapat berpikir kreatif dengan memanfaatkan teknologi komputer. Multimedia interaktif tidak hanya dibentuk dengan sembarangan namun juga harus memperhatikan beberapa elemen-elemen penting sebuah multimedia interaktif yang baik. Multimedia interaktif dirancang secara terstruktur untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada peserta didik dalam suatu program dan aplikasi Dengan mengkolaborasikan antara metode pembelajaran dengan multimedia interaktif suasana kelas yang ingin diciptakan jauh lebih menyenangkan akan terwujud. Multimedia interaktif yang dapat dilakukan contohnya antara lain video pembelajaran, game, ilustrasi, dan lain sebagainya. Video pembelajaran menjadi salah satu contoh multimedia interaktif yang dapat dikolaborasikan dengan moetode pembelajaran demonstrasi pada pembelajaran matematika . Banyak sekali contoh multimedia interaktif pembuatan video pembelajaran yang dapat digunakan, salah satu contohnya adalah sparkol videoscribe. Maka dari latar belakang tersebut peneliti memiliki tujuan adanya penelitian ini. Ada dua tujuan penelitian yaitu diantaranya adalah menambah ide baru bagi guru atau pendidik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi yang ada yang ditunjukan dengan penggunaan multimedia interaktif video pembelajaran animasi berbasis web yaitu Sparkol Videoscribe dan Mampu menambah pengetahuan dan pemahaman siswa pada materi pembelajaran trigonometri pada mata pelajaran matematika melalui pendekatan matematika realistik. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi alamiah, (sebagai lawannya adalah eksprimen) di mana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Trigonometri, Pendekatan Matematika Realistik, Multimedia Interaktif
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Stefani Aurora Afrida Meika Teana
Last Modified: 05 Aug 2025 14:44
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18800

Actions (login required)

View Item View Item