NugraHanti, Martha Dewi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI WUJUD BENDA DAN PERUBAHANNYA UNTUK SISWA KELAS IV SDN MRICAN 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060011.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060011_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060011_0721048003_0710039103_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060011_0721048003_0710039103_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (377kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060011_0721048003_0710039103_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (581kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060011_0721048003_0710039103_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060011_0721048003_0710039103_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (240kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060011_0721048003_0710039103_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (210kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060011_0721048003_0710039103_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi di SDN Mrican 2 Kediri. Masalah dasar yang dihadapi adalah hasil belajar siswa pada materi wujud benda dan perubahannya, masih berada di bawah standar ketuntasan. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang lebih sering mengandalkan metode ceramah disertai latihan soal dan berfokus pada buku, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis canva pada materi wujud benda dan perubahannya untuk siswa kelas IV SDN Mrican 2 Kediri? (2) Bagaimanakah kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis canva pada materi wujud benda dan perubahannya untuk siswa kelas IV SDN Mrican 2 Kediri? (3) Bagaimanakah efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif untuk mengidentifikasi materi wujud benda dan perubahannya pada siswa kelas IV SDN Mrican 2 Kediri? Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development dengan model ADDIE. Dengan subjek penelitian 27 siswa kelas IV SDN Mrican 2 Kediri berupa instrumen angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa yaitu prestest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala likert untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan dan uji-T SPSS untuk mengetahui keefektifan. Hasil penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran interaktif mendapatkan nilai rata-rata 89% dari validasi ahli materi dan ahli media, artinya media pembelajaran sudah sangat valid untuk digunakan. (2) Media pembelajaran interaktif mendapatkan presentase 86,7% dari angket respon siswa dan 90% dari angket respon guru, artinya media pembelajaran sudah sangat praktis. Nilai tersebut diperoleh pada saat melakukan uji coba terbatas. (3) Media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat efektif, karena berdasarkan rata-rata nilai posttest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest yaitu 84,7 > 56,2 dengan mendapatkan hasil ketuntasan belajar klasikal siswa yang mencapai 81%. Hasil tersebut juga dilakukan uji-T berapasangan dengan memperoleh hasil perlakuan yang telah diberikan setelah pretest pada posttest dengan perbedaan asymp.Sig.(2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari <0,05, maka dapat diartikan bahwa ada perbedaan sebelum proses pembelajaran dan sesudah proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Wujud Benda dan Perubahannya. |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 802 Curriculum and educational technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Martha Dewi NugraHanti |
Last Modified: | 04 Aug 2025 14:21 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18576 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |