Ningrum, Tanti Sahara (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MISTERI HARTA KARUN ( PULL AND RUN ) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060018.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (21MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060018_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060018_0704078402_0713037304_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060018_0704078402_0713037304_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060018_0704078402_0713037304_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (732kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060018_0704078402_0713037304_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060018_0704078402_0713037304_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (219kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060018_0704078402_0713037304_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (191kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060018_0704078402_0713037304_07_lam.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi dan wawancara di SDN Plosorejo 1, terdapat perrmasalahan bahwa media yang digunakan guru masih terbatas dan cenderung terfokus pada buku paket dan kembali menjelaskan melalui penulisan poin-poin penting di papan tulis. Akibatnya siswa kelas IV SDN Plosorejo 1 belum cukup memahami materi keanekaragaman budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kevalidan penggunaan media pembelajaran PULL AND RUN pada materi keanekaragaman budaya untuk kelas IV SDN Plosorejo 1. 2) Untuk mengetahui kepraktisan penggunaan media pembelajaran PULL AND RUN pada materi keanekaragaman budaya untuk kelas IV SDN Plosorejo 1. 3) Untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran PULL AND RUN pada materi keanekaragaman budaya untuk kelas IV SDN Plosorejo 1. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Plosorejo 1. Teknik pengumpulan data meliputi validasi ahli media dan ahli materi, angket guru dan siswa, serta tes post-test (evaluasi). Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Media pembelajaran PULL AND RUN dinyatakan sebagai media yang valid. Kevalidan media dapat dilihat dari hasil validasi media mendapatkan nilai sebesar 94%. Sedangkan validasi materi memperoleh nilai 88%. Dengan demikian media pembelajaran PULL AND RUN dapat dikatakan sangat valid. (2) Media pembelajaran PULL AND RUN dinyatakan praktis. Kepraktisan media dapat dilihat dari angket respon guru mendapatkan respon sebesar 93% sedangkan hasil angket respon siswa memperoleh respon sebesar 96,5%. Dengan demikian Media pembelajaran PULL AND RUN dapat dikatakan sangat praktis. (3). Keefektifan pengembangan media pembelajaran PULL AND RUN dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar klasikal siswa pada uji coba terbatas dan uji coba luas yang masing-masing memperoleh persentase sebesar 87,5% dan 94,4%. Seluruh hasil tersebut telah memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan, yaitu 75, sehingga media dinyatakan sangat efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PULL AND RUN tergolong sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, puzzle, PULL AND RUN, keanekaragaman budaya |
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 798 Education technology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Tanti Sahara Ningrum |
Last Modified: | 03 Aug 2025 11:49 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18374 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |