ANALISIS KEMAMPUAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL INTERAKTIF DITINJAU DARI GURU PENGGERAK GUGUS 2 SDN SE-KECAMATAN DURENAN

Rahmawati, Ismi (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL INTERAKTIF DITINJAU DARI GURU PENGGERAK GUGUS 2 SDN SE-KECAMATAN DURENAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060255.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060255_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060255_0713118901_0719048206_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060255_0713118901_0719048206_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060255_0713118901_0719048206_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060255_0713118901_0719048206_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060255_0713118901_0719048206_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060255_0713118901_0719048206_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (262kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060255_0713118901_0719048206_07_lam.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Guru Penggerak dan Guru Non Penggerak serta untuk mengetahui perbedaan kemampuan penggunaan media pembelajaran digital interaktif Gugus 2 SDN se-Kecamatan Durenan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya penggunaan media digital interaktif dalam mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif, menarik, dan sesuai dengan perkembangan teknologi di era modern. Program Guru Penggerak hadir sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru, termasuk dalam hal penguasaan media digital. Namun, belum semua guru memiliki kemampuan yang merata dalam hal ini, sehingga perlu diteliti apakah terdapat perbedaan signifikan di antara keduanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif komparatif. Instrumen yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada dua kelompok responden, masing-masing 10 guru penggerak dan 10 guru non penggerak. Data dianalisis menggunakan uji statistik non-parametrik Mann-Whitney U Test, karena data tidak memenuhi uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru penggerak dalam penggunaan media digital interaktif mencapai rata-rata skor akhir sebesar 93,95%, sedangkan rata-rata skor akhir guru non penggerak sebesar 59,79%, maka dari itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara guru penggerak dan guru non penggerak dalam hal kemampuan menggunakan media pembelajaran digital interaktif, dapat dilihat dari hasil uji Mann-Whitney diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 (< 0,05) yang menunjukkan bahwa guru penggerak memiliki kemampuan yang lebih tinggi, ditunjukkan melalui penggunaan berbagai perangkat dan aplikasi digital, partisipasi dalam pelatihan, serta pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Sementara itu, guru non penggerak cenderung memiliki keterbatasan dalam penguasaan media digital karena minimnya pelatihan dan fasilitas. Hal ini menunjukkan bahwa program Guru Penggerak memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi digital guru. Oleh karena itu, perlu adanya pemerataan pelatihan dan dukungan kepada seluruh guru agar kualitas pendidikan dapat ditingkatkan secara merata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Digital Interaktif, Guru Penggerak dan Guru Non Penggerak.
Subjects: 660 Art, design and media > 700 Media science
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ismi Rahmawati
Last Modified: 02 Aug 2025 08:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18310

Actions (login required)

View Item View Item