Zalzabila, Nanda Fasinka (2025) PENGEMBANGAN MEDIA TORSO “SIPENA” BERBASIS PUZZLE PADA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK KELAS V SD NEGERI 6 KLODAN NGETOS. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060159.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060159_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060159_0710059001_0719109101_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060159_0710059001_0719109101_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (705kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060159_0710059001_0719109101_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (590kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060159_0710059001_0719109101_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (777kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060159_0710059001_0719109101_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (242kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060159_0710059001_0719109101_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (226kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060159_0710059001_0719109101_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas V SD Negeri 6 Klodan Ngetos. Dari hasil observasi diketahui bahwa pada saat kegiatan pembelajaran, guru kurang optimal dalam menyampaikan materi tentang sistem pencernaan manusia. Guru hanya menggunakan buku teks dan media pendukung berupa gambar yang relevan, selain itu guru juga hanya menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi yang menjadikan motivasi belajar siswa kurang. Dengan demikian siswa kurang memahami materi dan berdampak kurang maksimalnya hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia. Rumusan masalah bagaimana validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran torso SIPENA berbasis puzzle pada materi sistem pencernaan manusia untuk kelas V SDN 6 Klodan Ngetos?. Tujuan dilakukan penelitian yaitu mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran torso SIPENA berbasis puzzle pada materi sistem pencernaan manusia untuk kelas V SDN 6 Klodan Ngetos. Penelitian ini menggunakan metode Pengembangan/RnD yang bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan sebuah media Torso SIPENA berbasis puzzle. Penelitian ini mengacu pada model ADDIE: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian yaitu 5 siswa kelas V SD Negeri 1 Klodan untuk uji terbatas dan semua siswa kelas V SD Negeri 6 Klodan untuk uji luas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara dan tes. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran torso SIPENA berbasis puzzle dikategorikan sangat valid dan sangat baik digunakan, dengan perolehan skor sebesar 97% dari ahli materi dan 90% dari ahli media, sehingga rata-rata skor validitas memperoleh nilai 93,5%, (2) media pembelajaran torso SIPENA berbasis puzzle dikategorikan sangat praktis dan sangat baik digunakan, dengan perolehan skor 89,3% dari angket respon guru dan 89,3% dari angket siswa, sehingga rata-rata skor kepraktisan sebesar 89,3% dan (3) media pembelajaran torso SIPENA berbasis puzzle efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran, berdasarkan hasil evaluasi siswa yang seluruhnya mencapai nilai di atas KKM, degan rata-rata kor sebesar 86,13 dan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 100%. Simpulan dari penelitian pengembangan yang telah dilakukan, media pembelajaran Torso SIPENA berbasis puzzle dapat dikatakan valid, praktis dan efektif. Dengan demikian media pembelajaran Torso SIPENA berbasis puzzle dapat digunakan secara berkelanjutan untuk membantu guru dan juga siswa dalam mempelajarimateri sistem pencernaan manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Torso SIPENA, Puzzle, Sistem Pencernaan Manusia |
Subjects: | 710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa) 710 Education science > 771 Biology education 710 Education science > 775 Natural sciences education (science) 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nanda Fasinka Zalzabila |
Last Modified: | 01 Aug 2025 11:00 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/18241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |