PENGEMBANGAN E-MODUL TRIGONOMETRI (EMONO) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA

Damayanti, Ilyasa Mei (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL TRIGONOMETRI (EMONO) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84202_2015010018.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84202_2015010018_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2015010018_0702018801_0730128505_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84202_2015010018_0702018801_0730128505_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84202_2015010018_0702018801_0730128505_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84202_2015010018_0702018801_0730128505_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84202_2015010018_0702018801_0730128505_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84202_2015010018_0702018801_0730128505_06.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (430kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84202_2015010018_0702018801_0730128505_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari observasi yang dilakukan peneliti, diketahui bahwa dalam pembelajaran matematika siswa cenderung merasa bosan. Dikarenakan mereka kesulitan saat menerima materi yang dijelaskan oleh guru dengan menggunakan metode ceramah dan siswa mencari materi pembelajaran secara mandiri melalui internet. Maka dari itu guru perlu mengembangakan media pembelajaran berupa E-modul untuk meningkatkan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengembangan media E-Modul Trigonometri EMONO menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine pada materi trigonometri. Agar siswa bisa mengakses materi setiap saat. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) untuk menghasilkan suatu produk sehingga layak digunakan. Dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Devolopment, Implementation, Evaluation). Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil validasi ahli materi, ahli media, ahli praktisi dan uji coba terbatas. Dari hasil validasi yang dilakukan oleh peneliti pada masing-masing ahli meperoleh hasil, untuk ahli materi mendapatkan presentase 86% yang dikategorikan sangat valid, untuk ahli media mendapatkan presentase 88% yang dikategorikan sangat valid, untuk ahli praktisi mendapatkan presentase 95% yang dikategorikan sangat valid. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa media pembelajaran E-Modul Trigonometri EMONO pada materi trigonometri layak digunakan dan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Peneliti mengharap kepada peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media yang lebih baik, menarik, dan lebih interaktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Trigonometri EMONO, Pemahaman Konsep
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Ilyasa Mei Damayanti
Last Modified: 21 Aug 2024 15:26
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16845

Actions (login required)

View Item View Item