Putri, Abriel Ladhiana (2024) PENGARUH MODEL JIGSAW DIDUKUNG MEDIA PAPAN PECAHAN TERHADAP PENGUASAAN MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SDN MANGGIS 2 KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2023-2024. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060137.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060137_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (326kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060137_0725076201_0710128902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060137_0725076201_0710128902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (514kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060137_0725076201_0710128902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (524kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060137_0725076201_0710128902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (388kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060137_0725076201_0710128902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060137_0725076201_0710128902_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (294kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060137_0725076201_0710128902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa, siswa kelas V SDN Manggis 2 Kabupaten Kediri kurang menguasai penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda. Hal ini dibuktikan pada kelas eksperimen terdapat 22 siswa terdapat 12 siswa yang belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan. Hal tersebut diakibatkan karena model pembelajaran yang digunakan tidak bervariasi dan terfokus pada guru serta tidak ada media pendukung pada proses pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh model pembelajaran Jigsaw didukung media papan pecahan terhadap penguasaan materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda siswa kelas V SDN Manggis 2 Kabupaten Kediri Tahun 2023-2024 ? 2) Adakah pengaruh model Direct Instruction terhadap penguasaan materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda siswa kelas V SDN Manggis 2 Kabupaten Kediri Tahun 2023-2024 ? 3) Adakah perbedaan pengaruh model Jigsaw didukung media papan pecahan dengan model Direct Instruction terhadap penguasaan materi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan penyebut berbeda siswa kelas V SDN Manggis 2 Kabupaten Kediri Tahun 2023-2024? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasy eksperiment dengan subjek penelitian kelas VA dan kelas VB SDN Manggis 2 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan instrumen Tes (pretest dan posttest). Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh model Jigsaw didukung papan pecahan terhadap penguasaan materi pecahan pada siswa kelas V SDN Manggis 2 Kabupaten Kediri dengan hasil diperoleh thitung -27,341< ttabel -2,093 dengan taraf signifikansi 5% 2) Ada pengaruh model Direct Instruction terhadap penguasaan materi pecahan pada siswa kelas V SDN Manggis 2 Kabupaten Kediri dengan hasil diperoleh thitung -6,891 < ttabel -2,093 dengan taraf signifikansi 5% 3) Ada perbedaan pengaruh model Jigsaw didukung media papan pecahan dengan model Direct Instruction terhadap penguasaan materi pecahan siswa kelas V SDN Manggis 2 Kabupaten Kediri. Hal ini dibuktikan dari hasil t¬hitung -8,186 < ttabel -2,021 dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil perolehan pada kelas kontrol bahwa data nilai rata-rata pretest 53,6 dan hasil rata-rata posttest menjadi 77,2. Sedangkan, kelas eksperimen data nilai rata-rata pretest 33,6 dan rata- rata hasil posttest yang meningkat menjadi 89,5. Dengan demikian, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada nilai rata-rata posttest kelas kontrol dengan perbedaan 89,5 > 77,2.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Jigsaw, Media Papan Pecahan, Penguasaan |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Abriel Ladhiana Putri |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:21 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15232 |
Actions (login required)
View Item |