Mahmudah, Aulia Nur (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI BILANGAN DESIMAL SISWA KELAS V SDN MANGGIS 2 PUNCU. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060133.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060133_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (234kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060133_0719048206_0730098803_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060133_0719048206_0730098803_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060133_0719048206_0730098803_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060133_0719048206_0730098803_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (380kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060133_0719048206_0730098803_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060133_0719048206_0730098803_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (204kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060133_0719048206_0730098803_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti bahwa Matematika materi bilangan desimal masih tergolong sulit dipahami bagi siswa. Hal tersebut dikarenakan pada saat pembelajaran berlangsung, guru hanya menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah yang megakibatkan siswa menjadi bosan. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap kemampuan siswa kelas V SDN Manggis 2 Puncu pada materi bilangan desimal? (2) Apakah model pembelajaran konvensional berpengaruh terhadap kemampuan siswa kelas V SDN Manggis 2 Puncu pada materi bilangan desimal? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara penggunaan model model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan model konvensional terhadap kemampuan siswa kelas V SDN Manggis 2 Puncu pada materi bilangan desimal? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Quasy Experiment yang memakai rancangan Nonequivalent Control Group Design. Tenik pengumpulan adalah berupa pemberian soal pretest dan posttest. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2024 dengan subyek sekaligus sampel siswa kelas V SDN Manggis 2 Puncu sebanyak 46 siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini (1) Dari hasil post-test mean paired differences diperoleh hasil -25.217 yang menandakan bahwa hasil pretest lebih rendah daripada hasil post-test dengan artian terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap materi bilangan desimal siswa kelas V SDN Manggis 2 Puncu. (2) Dari hasil post-test mean paired differences diperoleh hasil -10.435 yang menandakan bahwa hasil pretest lebih rendah daripada hasil post-test dengan artian terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap materi bilangan desimal siswa kelas V SDN Manggis 2 Puncu. (3) Dari hasil post-test rata-ratanya adalah -20.435 dan selisih hasil perbedaan tersebut antara -25.297 sampai -15.572. Hasil negatif menandakan bahwa rata-rata hasil post-test kelas kontrol lebih rendah daripada hasil post-test kelas eksperimen. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan siswa pada materi bilangan desimal dari pada penggunaan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran, Model TAI, Bilangan desimal, Matematika |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 710 Education science > 772 Mathematics education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Aulia Nur Mahmudah |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:01 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15228 |
Actions (login required)
View Item |