PENGEMBANGAN MEDIA PADINA MATERI PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK DIAGRAM PADA SISWA KELAS V SDN BULUSARI 3

Lestari, Rika Dwi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PADINA MATERI PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK DIAGRAM PADA SISWA KELAS V SDN BULUSARI 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060154.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060154_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (491kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060154_0719048206_0730098803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (779kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060154_0719048206_0730098803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060154_0719048206_0730098803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060154_0719048206_0730098803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060154_0719048206_0730098803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060154_0719048206_0730098803_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (123kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060154_0719048206_0730098803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SDN Bulusari 3. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa siswa kesulitan dalam memahami materi penyajian data dalam bentuk diagram dan hasil nilai siswa kelas V masih dibawah KKM. Diketahui penyebabnya karena kurangnya pemahaman siswa terkait materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru karena guru masih berpacu pada buku siswa dan lembar kerja siswa (LKS). Hal ini juga berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dengan menggunakan media pembelajaran dapat menarik perhatian siswa untuk terlibat aktif selama kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana validitas, kepraktisan, dan efektivitias media padina materi penyajian data dalam bentuk diagram batang pada siswa kelas V SDN Bulusari 3?. Penelitian ini juga memiliki tujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media padina materi penyajian data dalam bentuk diagram batang pada siswa kelas V SDN Bulusari 3. Penelitian ini menggunakan metode research and deleveploment (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yatu (1) Analisis (Analyize), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bulusari 3 yang berjumlah 27 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Kevalidan media padina memperoleh hasil validasi dari ahli media sebesar 90% dan hasil validasi dari ahli materi sebesar 87,5%. Maka, hasil kevalidan dari media padina memperoleh rata-rata presentase sebesar 91% dengan kriteria sangat valid dan sangat baik digunakan. (2) Kepraktisan media padina memperoleh hasil dari respon guru dengan presentase 96% dan respon siswa dengan presentase 98,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikategorikan sangat praktis dan sangat baik digunakan. (3) Keefektifan media padina diperoleh melalui soal evaluasi pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa kelas V. Rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 86,4% dengan kategori sangat efektif sedangkan KKM kelas V adalah 70. Hasil ketuntasan klasikalnya yaitu sebesar 95,2% . Dengan demikian, dapat disimpulkan melalui penelitian ini bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, PADINA, Data Presentation
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
660 Art, design and media > 697 Other areas of craft arts not yet listed
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rika Dwi Lestari
Date Deposited: 13 Aug 2024 13:16
Last Modified: 13 Aug 2024 13:16
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14890

Actions (login required)

View Item View Item