PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG TABUNG DENGAN PENGUATAN KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS V SDN 3 JATIKALEN

Wardani, Adelia Eko Putri (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG TABUNG DENGAN PENGUATAN KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS V SDN 3 JATIKALEN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060123.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060123_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (406kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060123_0713078602_0005076902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060123_0713078602_0005076902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060123_0713078602_0005076902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060123_0713078602_0005076902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060123_0713078602_0005076902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060123_0713078602_0005076902_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (335kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060123_0713078602_0005076902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan pengalaman peneliti, bahwa siswa kurang memahami materi luas permukaan dan volume bangun ruang tabung. Hal ini dikarenakan kurangnya minat siswa dalam belajar matematika, siswa yang cepat merasa bosan ketika menggunakan LKPD yang tampilannya hanya berwarna hitam putih saja tanpa adanya visualisasi gambar yang menarik dan interaktif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kevalidan pengembangan E-LKPD interaktif berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang tabung dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas V SDN 3 Jatikalen. (2) Untuk mengetahui kepraktisan pengembangan E-LKPD interaktif berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang tabung dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas V SDN 3 Jatikalen. (3) Untuk mengetahui keefektifan pengembangan E-LKPD interaktif berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang tabung dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas V SDN 3 Jatikalen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini melibatkan 29 siswa kelas V SDN 3 Jatikalen, Kec. Jatikalen, Kab. Nganjuk. Intrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan teknik analisis data berupa intrumen angket validasi materi dan media, soal posttest, serta angket respon guru dan siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan E-LKPD dinyatakan valid, dapat dibuktikan dengan hasil validasi materi mendapatkan skor 90%, sementara ahli media mendapatkan skor 91,4%. Dengan rata-rata kevalidan materi dan media mencapai 90,7% dengan kriteria sangat valid. (2) Hasil dari penelitian ini mennjukkan bahwa pengembangan E-LKPD dinyatakan praktis, dapat dibuktikan dari hasil angket respon guru yang mendapatkan skor sebesar 93,3% dan angket respon siswa yang mendapatkan skor sebesar 97,4%, rata-rata kepraktisan mencapai 95,4% dengan kriteria sangat praktis. (3) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan E-LKPD dinyatakan efektif, dapat dibuktikan dengan hasil nilai posttest sebesar 88,9 dan mendapatkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 89,5% dengan kriteria sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Etnomatematika, Bangun Ruang Tabung
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Adelia Eko Putri Wardani
Last Modified: 12 Aug 2024 03:25
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14797

Actions (login required)

View Item View Item