Firanti, Firda Oktavia and Saidah, Karimatus and Primasatya, Nurita (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL RADEC TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS NARASI DAN TEKS PROSEDUR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI HIDAYATUS SHIYBAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060321.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060321_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (247kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060321_0710039103_0722039001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (541kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060321_0710039103_0722039001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060321_0710039103_0722039001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060321_0710039103_0722039001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060321_0710039103_0722039001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060321_0710039103_0722039001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (129kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060321_0710039103_0722039001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Firda Oktavia Firanti: Pengaruh Penggunaan Model Radec Terhadap Kemampuan Memahami Teks Narasi Dan Teks Prosedur Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI Hidayatus Shuyban Kata Kunci: Radec, teks narasi, teks prosedur Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dengan guru terkait dengan hasil belajar yang menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami teks narasi dan prosedur siswa kelas IV MI Hidayatus Shiyban Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri masih kurang baik dan harus diperbaiki. Selain itu, dilihat dari hasil observasi diperoleh bahwa dalam pembelajaran teks narasi dan teks prosedur siswa cenderung tidak memiliki minat dan merasa jenuh dengan kegiatan tersebut, siswa kurang memahami materi tentang teks narasi dan teks prosedur, kurangnya penggunaan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model RADEC terhadap kemampuan memahami teks narasi dan teks prosedur pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV MI Hidayatus Shiyban Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik penelitian Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subyek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Hidayatus Shiyban yang berjumlah 59 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran dan tes penugasan Hasil Penelitian ini adalah (1) nilai signifikan yaitu 0,000<0,05, menunjukkan kurang dari 0,05, yang artinya Ada pengaruh kemampuan memahami teks narasi di kelas kontrol yang tidak menggunakan model RADEC. (2) nilai signifikan yaitu 0,000<0,05 menunjukkan kurang dari 0,05 yang artinya Ada pengaruh penggunaan model RADEC terhadap kemampuan memahami teks narasi dikelas eksperimen. (3) nilai signifikan yaitu 0,000<0,05 menunjukkan kurang darixi 0,05, yang artinya Ada pengaruh kemampuan memahami teks prosedur di kelas kontrol yang tidak menggunakan model RADEC. (4) nilai signifikan (sig) yaitu 0,000<0,05 menunjukkan kurang dari 0,05, yang artinya ada pengaruh penggunaan model RADEC terhadap kemampuan memahami teks prosedur dikelas eksperimen. (5) nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,008<0,05 menunjukkan kurang dari 0,05, yang artinya ada perbedaan kemampuan memahami teks narasi yang menggunakan model RADEC dan tanpa menggunakan model RADEC. (6) nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,002<0,05 menunjukkan kurang dari 0,05, yang artinya ada perbedaan kemampuan memahami teks prosedur yang menggunakan model RADEC dan tanpa menggunakan model RADEC. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang menggunakan model RADEC terhadap kemampuan teks narasi dan teks prosedur. Sehingga model RADEC dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan siswa dalam memahami teks narasi dan teks prosedur
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Radec, teks narasi, teks prosedur |
Subjects: | 660 Art, design and media > 692 Wood crafts 660 Art, design and media > 708 Visual communication design 710 Education science > 741 Language, indonesian and regional literature education 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Firda Oktavia Firanti |
Last Modified: | 04 Aug 2024 04:58 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14131 |
Actions (login required)
View Item |