PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM INDERA DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Erpiyana, Irma and SULISTIONO, SULISTIONO and RAHMAWATI, IDA (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM INDERA DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84205_19101060013.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84205_19101060013_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (62kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_19101060013_0007076801_0729108201_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_19101060013_0007076801_0729108201_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_19101060013_0007076801_0729108201_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_19101060013_0007076801_0729108201_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_19101060013_0007076801_0729108201_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84205_19101060013_0007076801_0729108201_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (431kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84205_19101060013_0007076801_0729108201_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi dan wawancara guru serta peserta didik di SMA Negeri 4 Kediri, khususnya pelajaran biologi pada materi sistem indera dari subtopik sistem koordinasi terbukti jika kurangnya motivasi belajar peserta didik, mengalami kesulitan untuk memahami materi, dan kurang aktif melakukan aktivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah ada perbedaan motivasi peserta didik kelas XI MIA belajar biologi materi sistem indera. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen, dengan populasi 177 peserta didik dan sampel 142 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa pengisian kuesioner yang didistribusikan melalui penggunaan Google Form. Data yang diperoleh dari kelas konvensional dan Problem Based Learning selanjutnya dianalisis menggunakan statistik deskriptif sedangkan untuk mengidentifikasi perbedaan motivasi belajar melalui metode konvensional dan Problem Based Learning diuji dengan Mann Whitney. Menurut hasil penelitian, motivasi belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional dan Problem Based Learning dengan media teka-teki silang kategori sangat tinggi. Motivasi belajar peserta didik menggunakan metode Problem Based Learning dengan media teka-teki silang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PBL, crosswords, motivation
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 110 Natural sciences
710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 790 Education science
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Irma Erpiyana
Last Modified: 28 Sep 2023 06:15
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12749

Actions (login required)

View Item View Item