PENGEMBANGAN MEDIA COUNTING BOX PADA MATERI PIPALANDA UNTUK SISWA SLOW LEARNER USIA 9-12 TAHUN DI KECAMATAN SEMEN

Ambarwati, Ambarwati and KURNIA, ITA KURNIA and WENDA, DHIAN DWI NUR (2023) PENGEMBANGAN MEDIA COUNTING BOX PADA MATERI PIPALANDA UNTUK SISWA SLOW LEARNER USIA 9-12 TAHUN DI KECAMATAN SEMEN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100137.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100137_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (300kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100137_0701128306_0701058701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (652kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100137_0701128306_0701058701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100137_0701128306_0701058701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100137_0701128306_07010558701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100137_0701128306_0701058701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100137_0701128306_0701058701_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (216kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100137_0701128306_0701058701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (35MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Ambarwati. Pengembangan Media Counting Box Pada Materi Pipalanda Siswa Slow Learner Usia 9-12 Tahun Di Kecamatan Semen, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2023. Kata Kunci: Media Counting Box, Materi Pipalanda, Slow Learner, Usia 9-12 Tahun Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi dari hasil bahwa siswa slow learner memiliki sudut pandang bahwa mata pelajaran matematika itu sangat sulit. Selain itu, guru tidak memakai media interaktif, tidak mendampingi secara intens, tidak ada guru khusus, dan terburu-buru dalam menerangkan materi, hal ini menyebabkan siswa slow learner sulit memahami materi pipalanda. Selain itu, guru mengajar dengan metode ceramah dan penugasan, sehingga siswa slow learner bosan ketika belajar. Maka dari itu peneliti akan mengembangan sebuah media pembelajaran berupa media counting box. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kevalidan media counting box pada materi pipalanda pada anak slow learner usia 9-12 tahun di SD Kecamatan Semen, (2) Mengetahui kepraktisan media counting box pada materi pipalanda pada anak slow learner usia 9-12 tahun di SD Kecamatan Semen, (3) Mengetahui keefektifan media counting box pada materi pipalanda pada anak slow learner usia 9-12 tahun di SD Kecamatan Semen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan R & D dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluastion). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan angket dan KKM. Validasi produk dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap uji coba terbatas dan uji coba luas. Lokasi penelitian uji coba terbatas dilakukan di SDK Yohanes Gabriel dengan subjek penelitian sebanyak 6 siswa slow learner. Sedangkan lokasi penelitian pada uji coba luas, dilakukan di SDN Bobang 2 dengan subjek penelitian sebanyak 2 siswa slow learner dan pada SDN Kanyoran 3 subjek penelitian sebanyak 5 siswa slow learner. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil: (1) kevalidan media counting box pada materi pipalanda memperoleh skor 93,84% yang menyatakan media counting box yang dikembangkan masuk dalam kriteria sangat valid, (2) kepraktisan media counting box memperoleh nilai rata-rata gabungan dari angket respon guru dan siswa pada uji coba luas memperoleh skor 94,99%, (3) keefektifan berdasarkan hasil uji post-test pada uji coba luas memperoleh rata-rata gabungan 84,97, artinya media counting box yang dikembangkan sangat efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa media counting box ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pipalanda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Counting Box, Materi Pipalanda, Slow Learner, Usia 9-12 Tahun
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ambarwati
Last Modified: 13 Aug 2023 18:36
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11519

Actions (login required)

View Item View Item