Hidayah, Nurul and WIJAYA, INTAN PRASTIHASTARI and WATI, EPRITHA KURNIA (2023) PENGGUNAAN MEDIA NUMBER BLOCKS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TK IT AL AQSHA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86207_19101110021.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86207_19101110021_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (444kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86207_19101110021_0729078402_0711029001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (749kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86207_19101110021_0729078402_0711029001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (739kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86207_19101110021_0729078402_0711029001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (432kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86207_19101110021_0729078402_0711029001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (569kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86207_19101110021_0729078402_0711029001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86207_19101110021_0729078402_0711029001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (239kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86207_19101110021_0729078402_0711029001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian yang dilatar belakangi karena kurangnya perkembangan kognitif anak Penelitian ini dilakukan untuk lembanga yang kesulitan dalam mengembangkan aspek kognitif anak didiknya terutama pada aspek berhitung, membilang dan mengurutkan angka. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Kurangnya pemahaman anak dalam mengurutkan angka (2) Kurang mampunya anak dalam membilang angka (3) Kurang mampunya anak dalam berhitung angka 1-10 di kelompok TK A (4) Apakah media number blocks dapat digunakan sebagai sarana belajar anak didik dalam mengembangkan kognitifnya?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik TK A di TK IT AL-AQSHA. Penelitian ini menggunakan tiga siklus penelitian dan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar penilaian dan RPP harian. Media number blocks ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak dan memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan perkembangan berhitung anak sehingga anak mampu mengenal dan memahami konsep angka dan bilangan dengan mudah. Hasil dari penelitian ini yakni sebesar ketuntasan belajar anak masih mencapai 88,71% atau sebagian besar dari jumlah anak didik, dan persentase anak yang belum tuntas hanya sebesar 14,2%, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media number blocks dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak didik usia 4-5 tahun di TK IT AL-AQSHA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | number blocks, kemampuan berhitung,TK A |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics 710 Education science > 794 PGTK and PAUD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Nurul Hidayah |
Last Modified: | 13 Aug 2023 04:38 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11438 |
Actions (login required)
View Item |