PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MICROSOFT SWAY PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN 1 BANARANWETAN

Rosyidah, Binti and PRIMASATYA, NURITA and ANDRI AKA, KUKUH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN MICROSOFT SWAY PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN 1 BANARANWETAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100122.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100122_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (120kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100122_0722039001_0713118901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (857kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100122_0722039001_0713118901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100122_0722039001_0713118901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100122_0722039001_0713118901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100122_0722039001_0713118901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100122_0722039001_0713118901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (400kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100122_0722039001_0713118901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti terhadap hasil belajar matematika siswa yang rendah diakibatkan tidak diterapkannya model pembelajaran serta tidak adanya media dalam proses pembelajaran. Hal tersebut nampak dari hasil belajar matematika siswa menurun dan rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan bantuan Microsoft sway office pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV di SDN 1 Banaranwetan? (2) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model konvensional pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV di SDN 1 Banaranwetan? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan bantuan Microsoft sway office pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV di SDN 1 Banaranwetan? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk pendekatan yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain quasy eskperiment dengan subyek penelitian siswa kelas IV A dan IV B SDN 1 Banaranwetan, kecamatan Bagor, kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilaksanakan di dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan menggunakan perangkat pembelajaran dan soal berupa pretest dan postes. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan bantuan Microsoft sway office pada siswa kelas ekspeiment dikelas IV A SDN 1 Banaranwetan mendapatkan hasil yang meningkat dengan rata-rata 83 (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model konvensional pada siswa kelas kontrol di kelas B SDN 1 Banaranwetan mendapatkan hasil nilai rata-rata postest 65(3) hasil penelitian dapat disimpulkan “ada pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL berbantuan media Microsoft sway terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, Microsoft sway, hasil belajar
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
710 Education science > 772 Mathematics education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Binti Rosyidah
Last Modified: 13 Aug 2023 11:25
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/10963

Actions (login required)

View Item View Item