PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR KELAS V DI SEKOLAH DASAR

Mayora, Betrik Elsa and MUKMIN, BAGUS AMIRUL and PUTRI, KHARISMA EKA (2022) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100047.pdf - Accepted Version

Download (11MB)
[img] Text (SIMILARITY)
RAMA_86206_18101100047_SIMILARITY.pdf - Accepted Version

Download (296kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100047_0710059001_0719109101_01_front_ref.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100047_0710059001_0719109101_02.pdf - Accepted Version

Download (263kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100047_0710059001_0719109101_03.pdf - Accepted Version

Download (272kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100047_0710059001_0719109101_04.pdf - Accepted Version

Download (788kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100047_0710059001_0719109101_05.pdf - Accepted Version

Download (27kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100047_0710059001_0719109101_06_ref.pdf - Accepted Version

Download (28kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100047_0710059001_0719109101_07_lamp.pdf - Accepted Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan di kelas V SDN Mrican 2 Kota Kediri materi siklus air. Diketahui bahwa guru belum menggunakan bahan ajar yang bervariasi dan menarik bagi siswa. Seperti bahan ajar tersebut masih berupa rangkuman materi yang isinya belum dilengkapi ilustrasi berupa gambar yang menarik sebagai informasi pendukung. Guru juga kurang mengadakan kegiatan pengamatan dan percobaan secara langsung terhadap materi yang diajarkan. Akibatnya siswa kurang memahami materi yang diajarkan, serta menurunnya ketertarikan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kevalidan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran IPA materi siklus air kelas V di Sekolah Dasar. (2) Untuk mengetahui keefektifan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran IPA materi siklus air kelas V di Sekolah Dasar. (3) Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap LKS berbasis Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran IPA materi siklus air kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menghasilkan bahan ajar LKS berbasis Contextual Teaching and Learning untuk materi siklus air. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan bahan ajar LKS berbasis Contextual Teaching and Learning mengacu pada model pengembangan ADDIE yang mencakup 5 tahapan yaitu 1) Tahap Analisis, 2) Tahap Desain, 3) Tahap Pengembangan, 4) Tahap Implementasi, 5) Tahap Evaluasi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Mrican 2 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan skala likert. Simpulan hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Kevalidan bahan ajar LKS memperoleh rata-rata persentase sebesar 85,93%, yang artinya bahan ajar LKS berbasis Contextual Teaching and Learning dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. (2) Keefektifan bahan ajar LKS berbasis Contextual Teaching and Learning dinyatakan efektif dalam pembelajaran karena ketuntasan klasikal belajar siswa memperoleh persentase sebesar 93%. (3) Hasil respon guru pada bahan ajar LKS berbasis Contextual Teaching and Learning dinyatakan sangat baik karena diperoleh persentase 89%, yang menunjukkan bahan ajar LKS sangat baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kemudian hasil respon siswa pada bahan ajar LKS berbasis Contextual Teaching and Learning juga dinyatakan sangat baik karena diperoleh persentase 99%, yang menunjukkan bahan ajar LKS sangat baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan LKS, Contextual Teaching and Learning, Siklus Air
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Betrik Elsa Mayora
Last Modified: 10 Feb 2023 02:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8913

Actions (login required)

View Item View Item