PENGARUH BELANJA ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP PERILAKU KONSUMEN (STUDI EMPIRIK PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS)

Rohmadhonawati, Wita Nur and Irmayanti, Elis and Afandi, Tjetjep Yusuf (2022) PENGARUH BELANJA ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP PERILAKU KONSUMEN (STUDI EMPIRIK PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_87203_18101040014.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_87203_18101040014_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (503kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_18101040014_0006016701_0005086802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87203_18101040014_0006016701_0005086802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87203_18101040014_0006016701_0005086802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87203_18101040014_0006016701_0005086802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87203_18101040014_0006016701_0005086802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_87203_18101040014_0006016701_0005086802_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (409kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87203_18101040014_0006016701_0005086802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh para konsumen yang melakukan belanja dalam pemenuhan kebutuhan. Dalam belanja itu sendiri ada belanja secara online yaitu melalui gadget pada E-commerce ataupun sosial media yang terkoneksi oleh internet, kemudian juga adanya belanja secara offline yaitu dengan mendatangi toko/swalayan secara langsung. Pada belanja online maupun offline memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini menjadikan adanya perilaku konsumen yang di tunjukan oleh konsumen dalam menanggapi belanja online maupun offline. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah belanja online dan offline berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, untuk pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner pada penelitian ini sampel yang diambil peneliti sebanyak 60 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi dasar, analisis regresi linier berganda, uji determinasi, dan. uji hipotesis. Penelitian ini menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics versi 24 dalam pengolahan data. Maka hasil dari pengolahan uji t variabel bebas belanja online dan belanja offline terhadap variabel terikat perilaku konsumen sebagai berikut: nilai signifikan belanja online adalah 0,00 < 0,05 dengan nilai t hitung 6,060 > t tabel 2,002, dan belanja offline 0,00 < 0,05 dengan nilai t hitung 6,241 > t tabel 2,002. Nilai signifikan yang diperoleh dari perhitungan uji f variabel bebas online dan belanja offline terhadap variabel terikat perilaku konsumen yaitu 0,00 < 0,05 dengan nilai F hitung 70,490 > 3,16. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara belanja online terhadap perilaku konsumen. (2) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara belanja offline terhadap perilaku konsumen. (3) secara simultan maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada belanja online dan offline terhadap perilaku konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Belanja online, Belanja offline dan Perilaku Konsumen
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Wita Nur Rohmadhonawati
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:30
Last Modified: 19 Aug 2022 04:31
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/7082

Actions (login required)

View Item View Item