PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUMKABUJA (POP-UP MONOPOLI KERAGAMAN BUDAYA PULAU JAWA) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV

ANINDYA, FENNY and PRIMASATYA, NURITA and ZAMAN, WAHID IBNU (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUMKABUJA (POP-UP MONOPOLI KERAGAMAN BUDAYA PULAU JAWA) UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100001.pdf - Accepted Version

Download (5MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100001_SIMILARITY.pdf - Accepted Version

Download (373kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + Ref)
RAMA_86206_18101100001_07220390001_0713078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version

Download (903kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100001_07220390001_0713078602_02.pdf - Accepted Version

Download (425kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100001_07220390001_0713078602_03.pdf - Accepted Version

Download (366kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100001_07220390001_0713078602_04.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100001_07220390001_0713078602_05.pdf - Accepted Version

Download (94kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100001_07220390001_0713078602_06_ref.pdf - Accepted Version

Download (173kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100001_07220390001_0713078602_07_lamp.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didasari oleh minimnya penggunaan media pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar dan pembelajaran masih didominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Kevalidan Media Pembelajaran PUMKABUJA (Pop-Up Monopoli Keragaman Budaya Pulau Jawa) Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. (2) Untuk Mengetahui Kepraktisan Media Pembelajaran PUMKABUJA (Pop-Up Monopoli Keragaman Budaya Pulau Jawa) Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. (3) Untuk Mengetahui Keefektifan Media Pembelajaran PUMKABUJA (Pop-Up Monopoli Keragaman Budaya Pulau Jawa) Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan menggunakan model ADDIE . Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Senden 1 Kayenkidul Kabupaten Kediri. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan teknik analisis data berupa instrumen angket validasi media dan materi, soal posttest, angket respon guru dan siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media PUMKABUJA dinyatakan valid, dapat dibuktikan dengan hasil validasi ahli media memperoleh skor 85,4%, pada hasil validasi ahli materi IPS memperoleh skor 96%. Jadi rata-rata persentase skor yang diperoleh dari ahli media dan materi adalah 90,7% dengan kriteria sangat valid. (2) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media PUMKABUJA dinyatakan praktis, dapat dibuktikan dengan hasil angket respon guru memperoleh skor 93,8%, pada hasil angket respon siswa memperoleh skor 95%. Jadi rata-rata persentase skor yang diperoleh dari angket respon guru dan siswa adalah 94,4% dengan kriteria sangat praktis. (3) Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media PUMKABUJA dinyatakan efektif, dapat dibuktikan dengan hasil nilai posttest memperoleh skor rata-rata sebesar 86,25% dengan memperoleh ketuntasan belajar klasikal 90% termasuk dalam kriteria sangat efektif. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini dapat dinyatakan media pembelajaran PUMKABUJA dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Pop-up, Monopoli, Keragaman Budaya
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Fenny Anindya
Date Deposited: 22 Aug 2022 05:22
Last Modified: 22 Aug 2022 05:22
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/6596

Actions (login required)

View Item View Item