UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SDN NGLUMBANG GURAH KABUPATEN KEDIRI

Anggoro, Galang Vujo and HIMAWANTO, WASIS and WEDA, WEDA (2022) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SDN NGLUMBANG GURAH KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_85201_18101090033.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_85201_18101090033_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (324kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_85201_18101090033_0723128103_0721088702_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_85201_18101090033_0723128103_0721088702_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_85201_18101090033_0723128103_0721088702_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_85201_18101090033_0723128103_0721088702_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_85201_18101090033_0723128103_0721088702_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_85201_18101090033_0723128103_0721088702_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (91kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_85201_18101090033_0723128103_0721088702_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan observasi terhadap pembelajaran pendidikan jasmani khususnya materi lompat jauh. Maka peneliti sebagai guru penjas merasa tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas V SDN Nglumbang Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri semester 2 tahun pelajaran 2022. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga materi lompat jauh pada siswa ?. (2) Sejauh manakah peningkatan kemampuan lompat jauh siswa melalui metode demonstrasi pada siswa ?. (3) Apakah kelas V SDN Nglumbang belum pernah mendapatkan materi lompat jauh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Nglumbang Gurah Kabupaten Kediri sebanyak 21 siswa dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Penelitian pengumpulan data untuk membantu pencapaian hasil pemecahan masalah berupa observasi, tes dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga pada materi lompat jauh pada siswa. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan lompat jauh siswa melalui metode demonstrasi pada siswa. (3) Untuk mengetahui sejauh mana siswa mengetahui materi teknik lompat jauh. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Siswa diharapkan mampu berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Dalam metode demonstrasi siswa harus mengamati dan memahami penjelasan yang diberikan oleh guru. (2) Dalam menggunakan metode demonstrasi guru harus menyiapkan terlebih dahulu seluruh perangkat pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari hasil penilaian terhadap aktivitas siswa dalam melakukan lompat jauh pada siklus I dan siklus II, hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan teknik dasar lompat jauh siswa mengalami peningkatan yang baik mulai siklus I samapai siklus II. Hal ini juga dapat diketahui dari hasil observasi terhadap aktivitas guru dalam proses pembelajaran mulai siklus I dan siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Lompat Jauh, Metode Demonstrasi.
Subjects: 710 Education science > 760 Sports and health education education
710 Education science > 763 Sports and health education
710 Education science > 765 Sports science
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Galang Vujo
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:29
Last Modified: 08 Aug 2022 02:29
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/5085

Actions (login required)

View Item View Item