Adelta, Sherly (2025) PENGARUH METODE GLENN DOMAN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN BERFIKIR SISWA KELAS IV SD PADA MATERI HOMONIM. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060034.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060034_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060034_0713078602_0005076902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (388kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060034_0713078602_0005076902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (264kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060034_0713078602_0005076902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (281kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060034_0713078602_0005076902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (369kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060034_0713078602_0005076902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (175kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060034_0713078602_0005076902_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (185kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060034_0713078602_0005076902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting untuk dikuasai oleh siswa. Kegunaan dari keterampilan membaca adalah untuk mendapat informasi ataupun pengetahuan dari sebuah teks maupun bahan bacaan lainnya. Untuk itu selama proses pembelajaran berlangsung, siswa perlu memiliki kemampuan dalam keterampilan membaca agar memperoleh hasil belajar yang maksimal. Dari hasil observasi yang telah dilakukan ditemukan permasalahan yaitu beberapa siswa di setiap kelas mengalami kesulitan dalam membaca baik membaca permulaan maupun membaca pemahaman. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan eksperimen pada siswa kelas IV SD dengan memberikan penerapan metode Glenn Doman ketika kegiatan belajar berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode konvensional terhadap kemampuan literasi dan berfikir siswa kelas IV pada materi homonim, (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Glenn Doman terhadap kemampuan literasi dan berfikir siswa kelas IV pada materi homonim, (3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi dan berpikir antara siswa yang menggunakan metode Glenn Doman dengan siswa yang menggunakan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis Quasi Experimental Design dengan bentuk Pretest-posttest Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini, yaitu SDN Ngadi sebagai kelompok eksperimen dan SDN Kranding sebagai kelompok kontrol. Lokasi penelitian berada di SDN Ngadi dan SDN Kranding yang terletak di Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, dengan waktu penelitian selama 1 bulan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang selanjutnya akan dianalisis dengan uji validitas oleh ahli materi dan ahli metode serta uji reliabilitas dengan bantuan software SPSS 27.0. Data pada penelitian berupa tes akan disebarkan di kedua kelompok penelitian yang selanjutnya akan diolah melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil yaitu (1) penerapan metode ceramah mempengaruhi kemampuan literasi dan berpikir siswa kelas IV SD pada materi homonim dengan rata – rata hasil post test siswa kelas kontrol sebesar 78.7, (2) penerapan metode Glenn Doman mempengaruhi kemampuan literasi dan berpikir siswa kelas IV SD pada materi homonim dengan rata – rata hasil post test siswa kelas eksperimen sebesar 86.8, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terbukti dari nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.001 yang mana 0.001 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Glenn Doman berpengaruh terhadap kemampuan literasi dan berpikir siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Glenn Doman, Literasi, Metode Pembelajaran |
Subjects: | 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Sherly Flavia Adelta |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:28 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/22484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |