Febriansah, Aris Taufik (2025) META ANALISIS: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (full text)
RAMA_84202_2115010014 .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010014_SIMILARITY .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010014_0002026403_0707067003_01_front_ref .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (999kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010014_0002026403_0707067003_02 .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (210kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010014_0002026403_0707067003_03 .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (269kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010014_0002026403_0707067003_04 .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (299kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010014_0002026403_0707067003_05 .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (166kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_84202_2115010014_0002026403_0707067003_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (276kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010014_0002026403_0707067003_07_lamp .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (594kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi masih rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik di Indonesia ini, dikarenakan penerapan model pembelajaran yang kurang tepat. Penelitian ini ingin mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis?. (2) Apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan jenjang pendidikan?. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik secara keseluruhan. (2) untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik berdasarkan jenjang pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis dengan artikel yang sudah di publish di Google Scholar. Populasi dalam penelitian ini adalah artikel dengan kata kunci yang di gunakan yaitu pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan berpikir kritis matematis dan di dapatkan 10 atikel yang di gunakan dalam penelitin ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis besaran pengaruh Cohen’s Effec size. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) berdasarkan hasil analisis 10 artikel pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan nilai effec size sebesar 1,527 yang termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis menggunakan aplikasi OPENMEE menunjukkan hasil nilai p-value <0,001 hasil tersebut membuktikan bahwa hipotesis Ho di tolak dan Ha di terima artinya dapat di simpulkan bahwa secara keseluruhan model pembelajaran Problem based learning (PBL) memberikan berpengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis (2) besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik berdasarkan jenjang pendidikan di peroleh pada jenjang SD berada pada nilai rata-rata 2,111 dengan kategori tinggi, nilai effec size jenjang SMP dengan nilai rata- rata 1,739 dengan kategori tinggi, nilai effec size jenjang SMA dengan nilai rata-rata 0,460 dengan kategori sedang. Jadi dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan baik di terapkan pada jenjang pendidikan tingkat SD dan SMP karena perolehan rata-rata effec size termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, di rekomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis, harapannya dapat membantu mengkontruksikan pola pikir peserta didik dalam menyelesaikan persoalam matematis peserta didik. (2) Guru masih perlu meneliti secara berkesinambungan untuk membuktikan apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat sesuai dengan berbagai karakteristik materi dan karakteristik peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meta-analysis, Problem Based Learning Model, Critical Thinking Skills |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Aris Taufik Febriansah |
Last Modified: | 08 Aug 2025 06:19 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |