PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN COPRORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2024

Dwitasari, Ananda Putri (2025) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN COPRORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2024. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_62201_2112020057.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_62201_2112020057_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (994kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_62201_2112020057_0715078102_0708037605_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (935kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_62201_2112020057_0715078102_0708037605_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_62201_2112020057_0715078102_0708037605_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_62201_2112020057_0715078102_0708037605_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_62201_2112020057_0715078102_0708037605_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_62201_2112020057_0715078102_0708037605_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (282kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_62201_2112020057_0715078102_0708037605_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya pertumbuhan dunia bisnis dan tingginya persaingan mendorong perusahaan untuk meningkatkan nilai perusahaan di pasar modal. Perusahaan sektor consumer non-cyclicals memiliki peran strategis dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, sehingga nilai perusahaannya menjadi indikator penting bagi investor. Selama tahun 2024 nilai perusahaan pada sektor ini mengalami fluktuasi cukup signifikan yang dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh GCG dan CSR terhadap nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening pada perusahaan sektor consumer non-cyclicals yang terdaftar di BEI periode 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling, dengan populasi sebanyak 129 perusahaan dan diperoleh 83 perusahaan sebagai sampel yang sesuai dengan kriteria. Data dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling�Partial Least Square (SEM-PLS) dengan perangkat lunak SmartPLS versi 4.1.0.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) GCG dan CSR secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) GCG dan CSR secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. (3) Kinerja keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dan mampu memediasi pengaruh GCG dan CSR terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan prinsip GCG yang kuat dan transparansi dalam pengungkapan CSR secara signifikan berkontribusi pada peningkatan nilai perusahaan melalui kinerja keuangan. Penerapan GCG dan CSR yang optimal mencerminkan tata kelola dan tanggung jawab sosial yang baik, sehingga menjadi strategi efektif untuk memperkuat posisi perusahaan di mata investor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Kinerja Keuangan, dan Nilai Perusahaan.
Subjects: 550 Economics > 561 Economic development
550 Economics > 564 Banking
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Akuntansi
Depositing User: ANANDA PUTRI DWITASARI
Last Modified: 08 Aug 2025 04:47
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21259

Actions (login required)

View Item View Item