MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA RODA PUTAR NUMERIK PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA SITIMERTO KABUPATEN KEDIRI

Vani, Annisa Mutiara (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA RODA PUTAR NUMERIK PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA SITIMERTO KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86207_2114070017.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86207_2114070017_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (964kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86207_2114070017_0710078203_0724038803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (906kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86207_2114070017_0710078203_0724038803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86207_2114070017_0710078203_0724038803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86207_2114070017_0710078203_0724038803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86207_2114070017_0710078203_0724038803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86207_2114070017_0710078203_0724038803_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (498kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86207_2114070017_0710078203_0724038803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Sitimerto masih terdampat banyak anak yang kurang dalam kemampuannya mengenal angka 1-10. Hal ini dapat ditinjau dari metode pembelajaran dan media belajar yang monoton dan kurang menarik perhatian anak Ketika belajar sehingga anak kurang focus dalam pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A di TK Dharma Wanita Sitimerto Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan media roda putar numerik yang dilaksankan secara dua siklus. Metode pengumpulan menggunakan lembar observasi anak dan lembar observasi guru yang digunakan untuk mengetahui Tingkat keberhasilan dan bahan evaluasi dalam tiap-tiap siklus. Penelitian ini dimulai dengan melakukan observasi pada pra-siklus dengan hasil ketuntasan sebesar 57,89% kemudian terjadi peningkatan pada siklus I sebesar 63,16% setelah diberi Tindakan berupa pembelajaran dengan menggunakan media roda putar numerik. Hal ini juga terjadi pada siklus II yang mengalami peningkatan persentasi menjadi 84,21% setelah diberi tindakan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media roda putar numerik dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka anak pada kelompok A di TK Dharma Wanita Sitimerto Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Roda Putar Numerik, Mengenal Angka, Kelompok A
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 120 Mathematics
710 Education science > 772 Mathematics education
710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Annisa Mutiara Vani
Last Modified: 08 Aug 2025 04:10
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21195

Actions (login required)

View Item View Item