Strategi Diferensiasi Produk Haji Pada Bank Muamalat KC Kediri Dalam Menghadapi Kompetisi BPS BPIH Lain

Putri, Reneshin Dwi Raharto and Hakimah, Ema Nurzainul and Damayanti, Susi (2025) Strategi Diferensiasi Produk Haji Pada Bank Muamalat KC Kediri Dalam Menghadapi Kompetisi BPS BPIH Lain. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full text)
RAMA_61201_2112010202.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_2112010202_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2112010202_0727127801_0723117802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_2112010202_0727127801_0723117802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (196kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_2112010202_0727127801_0723117802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (232kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_2112010202_0727127801_0723117802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (278kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_2112010202_0727127801_0723117802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (65kB)
[img] Text (References)
RAMA_61201_2112010202_0727127801_0723117802_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (280kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_2112010202_0727127801_0723117802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)

Abstract

Bank Muamalat sebagai pelopor perbankan syariah di Indonesia memiliki peran penting dalam penyediaan layanan tabungan haji melalui produk iB Hijrah Haji. Sebagai Bank Penerima Setoran BPIH, Bank Muamalat menghadapi persaingan ketat. Untuk mempertahankan daya saing, Bank Muamalat menerapkan strategi diferensiasi produk yang menekankan keunikan layanan dan kepatuhan syariah. Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi diferensiasi produk haji Bank Muamalat KC Kediri dalam menghadapi kompetisi antar BPS BPIH. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi strategi diferensiasi produk haji Bank Muamalat KC Kediri. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah Bank Muamalat KC Kediri berlokasi di Jl. Sultan Hasanuddin No.26, Dandangan, Kecamatan Kota, Kota Kediri, Jawa Timur 64122. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi langsung di Bank Muamalat KC Kediri, wawancara secara mendalam dengan pihak yang terkait dan dokumentasi, yaitu dengan mengumpulkan data - data dari jurnal artikel dan website yang relevan dengan topik penelitian. Triangulasi data dilakukan dengan membandingkan temuan dari berbagai sumber untuk meningkatkan validitas dan reabilitas hasil. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan simpulan sesuai dengan pendekatan kualitatif yang diterapkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi diferensiasi pada Bank Muamalat KC Kediri melalui layanan syariah, inovasi digital, dan edukasi jamaah berhasil meningkatkan loyalitas nasabah dan menarik calon jamaah baru. Hasilnya, jumlah nasabah haji tumbuh signifikan dari 110 orang (2021) menjadi 443 orang (2024). Kesimpulannya Bank Muamalat KC Kediri membedakan produk Haji-nya melalui layanan terpadu, pembayaran fleksibel, dan program masa tunggu berbasis deposit. Strategi ini disesuaikan dengan tiga segmen utama jamaah untuk meningkatkan loyalitas dan menarik nasabah baru. Hasilnya, Bank Muamalat berhasil memperkuat posisinya dalam ekosistem haji di Kediri dan siap untuk ekspansi pasar selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Diferesiasi, Produk Haji, Bank Mualamat KC Kediri
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
550 Economics > 563 Islamic economics
550 Economics > 564 Banking
550 Economics > 570 Management science
550 Economics > 571 Management
550 Economics > 572 Sharia management
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Reneshin Dwi Raharto Putri
Last Modified: 08 Aug 2025 02:00
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21118

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item