PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI MAKNA SIMBOL-SIMBOL PANCASILA DAN PENERAPAN SILA-SILA PADA SISWA KELAS II SDI DARUS SHOLIHIN

Mustofa, M.Fuad Agil (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI MAKNA SIMBOL-SIMBOL PANCASILA DAN PENERAPAN SILA-SILA PADA SISWA KELAS II SDI DARUS SHOLIHIN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGEI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060056.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060056_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (982kB)
[img] Text (Cover Sd Bab 1 + references)
RAMA_86206_2114060056_0719048206_0719109101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (869kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060056_0719048206_0719109101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060056_0719048206_0719109101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060056_0719048206_0719109101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060056_0719048206_0719109101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2114060056_0719048206_0719109101_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (196kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060056_0719048206_0719109101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (48kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi Pancasila, khususnya pada topik makna simbol-simbol dan penerapan sila-sila Pancasila, akibat penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan bahan ajar digital interaktif. Berdasarkan observasi awal di kelas II SDI Darus Sholihin, ditemukan bahwa guru cenderung hanya mengandalkan buku ajar dan penjelasan verbal dalam menyampaikan materi, sehingga pembelajaran bersifat satu arah, membuat siswa pasif, kurang antusias, dan kesulitan memahami isi materi. Permasalahan ini dirumuskan dalam tiga aspek utama, yaitu: (1) Bagaimana validitas bahan ajar berbasis Google Sites pada materi makna simbol-simbol Pancasila dan penerapan sila-sila Pancasila pada (2) Bagaimana kepraktisan bahan ajar berbasis Google Sites pada materi makna simbol-simbol pancasila dan penerapan sila-sila pancasila pada? (3) Bagaimana keefektifan bahan ajar berbasis Google Situs pada materi makna simbol-simbol pancasila dan penerapan sila-sila pancasila pada Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah produk bahan ajar berbasis Google Sites melalui platform Google Sites yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDI Darus Sholihin sebanyak 26 siswa, serta guru kelas sebagai informan pendukung. Proses pengembangan mencakup validasi oleh ahli materi dan media, serta uji coba terbatas dan uji coba luas untuk mengukur keefektifan dan kepraktisan bahan ajar. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis Google Sites yang dikembangkan memiliki tingkat validitas sebesar 88% (kategori sangat valid), kepraktisan sebesar 95% (kategori sangat praktis), dan keefektifan sebesar 88% (kategori sangat efektif). Bahan ajar ini memuat konten interaktif berupa teks, gambar, video pembelajaran, dan kuis online yang dirancang sesuai dengan karakteristik siswa usia dini dan mengacu pada prinsip Kurikulum Merdeka. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Google Sites mampu meningkatkan partisipasi aktif dan pemahaman siswa terhadap materi Pancasila, serta menjadi alternatif bahan ajar digital yang menarik, hemat biaya, ramah lingkungan, dan sesuai dengan tuntutan Google Sites abad ke-21. Dengan demikian, bahan ajar ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn di jenjang sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar digital, Google Sites, Pancasila, pengembangan bahan ajar, siswa sekolah dasar, ADDIE.
Subjects: 710 Education science > 721 Pancasila and civic education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Moh.Fuad Agil Mustofa
Last Modified: 08 Aug 2025 01:29
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/21099

Actions (login required)

View Item View Item