Istiqomah, Rohma Darul (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI JAWA TIMUR UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KUDU KECAMATAN KERTOSONO KABUPATEN NGANJUK. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86206_2114060041.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060041_SIMILARITY .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060041_0725076201_0012076701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060041_0725076201_0012076701_02 .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (377kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060041_0725076201_0012076701_03 .pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (704kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060041_0725076201_0012076701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (789kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060041_0725076201_0012076701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (278kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060041_0725076201_0012076701_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (334kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060041_0725076201_0012076701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas VI SDN Negeri 2 Kudu Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk materi keragaman budaya di Jawa Timur hasil belajar yang diperoleh masih rendah. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh (1) guru hanya menggunakan media pembelajaran berupa media visual yang ditempel di dinding kelas; (2) guru hanya menggunakan buku guru dan siswa sebagai bahan ajar; (3) guru kurang memanfaatkan fasilitas berupa LCD proyektor dan laboratorium komputer dalam pembelajaran. Selain itu, Hasil kompetensi siswa dalam mata pelajaran IPAS materi keragaman budaya 52% dari siswa belum memenuhi KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) yaitu 75. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dikembangkan multimedia interaktif materi keragaman budaya di Jawa Timur untuk membantu siswa dalam memahami materi keragaman budaya di Jawa Timur. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kevalidan multimedia interaktif materi keragaman budaya di Jawa Timur untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Kudu Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. (2) Untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif materi keragaman budaya di Jawa Timur untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Kudu Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. (3) Untuk mengetahui respon guru dan respon siswa terhadap multimedia interaktif materi keragaman budaya di Jawa Timur untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Kudu Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SDN Negeri 2 Kudu Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini telah memenuhi kriteria dengan kesimpulan (1) kevalidan multimedia interaktif materi keragaman budaya mendapatkan persentaseskor 94,5%, (2) keefektifan memperoleh persentase skor 90,2% pada uji coba terbatas dan 92,89% pada uji coba luas. Hasil dinyatakan sangat efektif karena mencapai ketuntasan klasikal 100% dan (3) kepraktisan memperoleh angket respon guru dengan persentase skor 96%. Sedangkan hasil angket respon siswa mendapatkan persentaseskor 98,8% pada uji coba terbatas dan 92,13% pada uji coba luas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif materi keragaman budaya di Jawa Timur sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk diimplementasikan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, keragaman budaya di Jawa Timur |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Rohma Darul Istiqomah |
Last Modified: | 07 Aug 2025 17:13 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |