Kholipah, Nur (2025) IMPLEMENTASI ASESMEN DIAGNOSTIK DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA. Masters thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_87103_2301020005.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_87103_2301020005_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87103_2301020005_0018126701_0028106601_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87103_2301020005_0018126701_0028106601_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (524kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87103_2301020005_0018126701_0028106601_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (522kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87103_2301020005_0018126701_0028106601_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (912kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87103_2301020005_0018126701_0028106601_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (203kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_87103_2301020005_0018126701_0028106601_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (368kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87103_2301020005_0018126701_0028106601_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi, khususnya materi badan usaha, melalui penerapan asesmen diagnostik yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning (PBL). Urgensi penelitian ini muncul dari tantangan memenuhi kebutuhan belajar siswa yang beragam, pendekatan seragam seringkali tidak efektif, sehingga diperlukan strategi adaptif untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Metode penelitian menggunakan Pendekatan Tindakan Kelas (PTK) dalam tiga siklus. Asesmen diagnostik dilakukan di awal untuk memandu diferensiasi pembelajaran, yang kemudian diintegrasikan dengan model PBL. Setiap siklus menunjukkan penyesuaian strategi dan media, dimulai dari metode ceramah (Siklus I), penambahan media PowerPoint (Siklus II), hingga inovasi dengan platform Quizziz dan tutor sebaya (Siklus III). Data hasil belajar siswa dianalisis untuk melihat peningkatan yang progresif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 68 pada asesmen awal menjadi 80,9 pada Siklus III, sementara jumlah siswa tuntas juga meningkat dari 11 menjadi 23 siswa. Penggunaan media visual dan teknologi interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman. Dengan demikian, integrasi asesmen diagnostik, pembelajaran berdiferensiasi, dan model PBL berhasil meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih relevan dan adaptif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asesmen diagnostik, pembelajaran diferensiasi, Problem Based Learning, Hasil belajar |
Subjects: | 710 Education science > 720 Social science education 710 Education science > 722 Historical education 710 Education science > 723 Economic education |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Nur Kholipah |
Last Modified: | 07 Aug 2025 13:25 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |