Sabrinatasari, Cantika (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “BIG BOOK” PADA MATERI IPAS PERUBAHAN ENERGI KELAS IV SDN TAROKAN 3 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060261.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060261_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060261_0713078602_0721048003_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (573kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060261_0713078602_0721048003_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (106kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060261_0713078602_0721048003_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (148kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060261_0713078602_0721048003_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (384kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060261_0713078602_0721048003_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060261_0713078602_0721048003_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (67kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060261_0713078602_0721048003_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Sebelum penelitian ini dan pengembangan ini dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan studi permasalahan. Permasalahan yang terjadi berdasarkan hasil observasi serta wawancara yang dilakukan peneliti pada tanggal 15 Mei 2024 observasi di kelas IV SDN Tarokan 3, wawancara guru wali kelas IV SDN Tarokan 3 diketahui bahwa guru belum menggunakan media yang menarik pada saat kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan, diperoleh permasalahan sebagai mana siswa kurang memahami perubahan energi. Sebagian siswa malas mengikuti pembelajaran ipas. Banyak yang menganggap materi perubahan energi sangat membosankan dan kurang menarik,kegiatan belajar mengajar berlangsung peserta didik lebih condong untuk bermain dan mengobrol sendiri pada saat guru menerangkan didepan tanpa membawa media. Dan yang terakhir yaitu metode mengajar yang dilakukan guru kurang bervariasi sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi tersebut. Hal ini dibuktikan dari hasil ulangan harian terdapat 10 dari 40 peserta didik yang memenuhi KKTP. Rumusan masalah pada penelitian ini mencakup bagaimana 1) kevalidan, 2) kepraktisan, dan 3) keefektifan media Big Book pada materi Perubahan Bentuk Energi dengan untuk peserta didik kelas 4 SDN Tarokan 3. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan pada materi Perubahan Bentuk Energi untuk kelas 4 SDN Tarokan 3. Metode pengembangan R&D memiliki beberapa model, namun pada penelitian yang dilakukan ini penulis menggunakan model pengembangan ADDIE. Singkatan dari model ADDIE ini memiliki arti (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kevalidan diperoleh dari hasil penilaian validator media sebesar 83,63% dan penilaian validator materi sebesar 86%, berdasarkan hasil penilaian dari validator dapat dikatakan dengan kategori valid dan dapat digunakan; (2) Kepraktisan diperoleh dari angket respon guru pada uji coba luas dan uji coba terbatas sebesar 92,5% dan angket respon peserta didik pada uji coba terbatas dan uji coba luas sebesar 93,3%, berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat dikategorikan dengan kategori sangat praktis; (3) Keefektifan diperoleh dari uji coba terbatas dan uji coba luas. Pada uji coba terbatas menunjukkan bahwa peserta didik mampu mendapat nilai diatas KKTP dengan presentase 100% dan dinyatakan tuntas. Sedangkan pada uji coba luas menunjukkan bahwa peserta didik mampu mendapat nilai diatas KKTP dengan presentase 100% dan dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil uji coba terbatas dan uji coba luas dapat dikategorikan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Big Book, Perubahan Bentuk Energi. |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 110 Natural sciences 410 Engineering science > 478 Other earth sciences technology not yet listed 580 Humaniora social science > 602 Development studies (development planning, regional, city) 710 Education science > 775 Natural sciences education (science) 710 Education science > 777 Other mipa education not yet listed 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 797 Curriculum development |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cantika Sabrinatasari |
Last Modified: | 07 Aug 2025 12:30 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |