Wahyuni, Amelia Putri (2025) META ANALISIS : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_84202_2115010026.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_84202_2115010026_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2115010026_0707067003_0002026403_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_84202_2115010026_0707067003_0002026403_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_84202_2115010026_0707067003_0002026403_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (351kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_84202_2115010026_0707067003_0002026403_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (403kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_84202_2115010026_0707067003_0002026403_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (67kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_84202_2115010026_0707067003_0002026403_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (103kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_84202_2115010026_0707067003_0002026403_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penelitian PISA tahun 2018, penelitian TIMSS tahun 2011, dan beberapa penelitian eksperimen yang menyatakan bahwa hasil belajar matematika siswa Indonesia rendah. Hal tersebut disebabkan oleh pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat yakni model pembelajaran konvensional, sehingga siswa menjadi bosan, jenuh, dan malas. Permasalahan dari penelitian ini yaitu : (1) Apa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa berdasarkan analisis literatur yang mencakup artikel dan skripsi terdahulu?(2) Apa ada perbedaan pengaruh signifikan dari model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa antar jenjang pendidikan? Maka tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Agar tahu ada tidaknya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa berdasarkan analisis literatur yang mencakup artikel dan skripsi terdahulu. (2) Agar tahu ada tidaknya perbedaan pengaruh signifikan dari model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa antar jenjang pendidikan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik meta analisis dengan bantuan software MS Excel, dan JASP. Sampel dari penelitian ini adalah artikel dan skripsi yang diperoleh dari database google scolar pada software publish or perish dengan kata kunci “problem based learning (PBL)” dan“hasil belajar matematika” yang mana dalam pengambilan sampelnya menggunakan SOP PRISMA sehingga diperoleh 14 data studi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : (1) model pembelajaran problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa, sebesar 1.461 yang berarti berpengaruh sangat besar. (2) ada perbedaan pengaruh signifikan dari model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa antar jenjang pendidikan, dengan rerata effect size sebesar 1.154 dijenjang SMP sederajat dan sebesar 1.983 dijenjang SMA sederajat. Meskipun effectnya lebih unggul ditingkat SMA sederajat namun keduanya masuk ke klasifikasi pengaruh yang sangat besar. Berdasarkan simpulan penelitian ini, direkomendasikan para guru menerapkan model problem based learning (PBL) dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa, terutama di jenjang sekolah menengah atas (SMA) sederajat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ubuntu Enterprice Cloud, Private Cloud Computing, Webserver |
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Amelia Putri Wahyuni |
Last Modified: | 07 Aug 2025 15:01 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20793 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |