PENGARUH PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING, INOVASI PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JAJANAN TRADISIONAL DUMBLEG KHAS GONDANG NGANJUK

Aulia, Nabila Putri (2025) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING, INOVASI PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JAJANAN TRADISIONAL DUMBLEG KHAS GONDANG NGANJUK. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full Text)
RAMA_61021_2112010143.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_2112010143_SIMILARITY PLAGIASI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (307kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2112010143_0717066601_0723117802_01_Front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_2112010143_0717066601_0723117802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (806kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_2112010143_0717066601_0723117802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (974kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_2112010143_0717066601_0723117802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_2112010143_0717066601_0723117802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (462kB)
[img] Text (References)
RAMA_61201_2112010143_0717066601_0723117802_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_2112010143_0717066601_0723117802_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengatasi masalah dalam mempertahankan eksistensi produk jajanan tradisional dumbleg khas Gondang Nganjuk di era modern ini, terutama dalam hal pemasaran dan persaingan dengan produk-produk modern. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh digital marketing, inovasi produk, dan harga terhadap keputusan pembelian jajanan tradisional dumbleg khas Gondang Nganjuk. Fokus penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi sejauh mana faktor-faktor ini memengaruhi persepsi konsumen serta bagaimana pengelolaannya dapat meningkatkan penjualan dan mempertahankan kepuasan konsumen. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan assosiatif kausal untuk mengetahui hubungan sebab-akibat antara variabel-variabel yang diteliti. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dimana responden yang dipilih adalah konsumen dumbleg ibu Rus. Sampel penelitian ini berjumlah 40 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25 untuk mengetahui pengaruh digital marketing, inovasi produk, dan harga terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, inovasi produk memberikan pengaruh positif tetapi tidak signifikan secara statistik terhadap keputusan pembelian, harga juga memberikan pengaruh positif namun aktivitas ini tidak signifikan secara statistik terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, digital marketing, inovasi produk, serta harga memberikan pengaruh positif dan signifikan dalam keputusan pembelian jajanan tradisional dumbleg khas Gondang Nganjuk. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran online dan offline dalam meningkatkan pembelian jajanan tradisional dumbleg khas Gondang Nganjuk, serta menunjukkan bahwa konsumen sudah puas dengan produk yang ada dan harga tidak menjadi pertimbangan utama dalam keputusan pembelian. Temuan ini memberikan wawasan bagi pelaku usaha jajanan tradisional untuk meningkatkan penjualan dan mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Inovasi Produk, Harga, Keputusan Pebelian
Subjects: 550 Economics > 562 Accounting
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Nabila Putri Aulia
Last Modified: 07 Aug 2025 07:41
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20570

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item