ANALISIS INOVASI MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENCIPTAKAN DAYA SAING (COMPETITIVE ADVENTAGE) PADA KEBERLANGSUNGAN UMKM BERKAHD KEDIRI

Mauludin, Mohamad (2025) ANALISIS INOVASI MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENCIPTAKAN DAYA SAING (COMPETITIVE ADVENTAGE) PADA KEBERLANGSUNGAN UMKM BERKAHD KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_61201_2112010185.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_2112010185_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2112010185_0727127801_0704047306_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_2112010185_0727127801_0704047306_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_2112010185_0727127801_0704047306_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_2112010185_0727127801_0704047306_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_2112010185_0727127801_0704047306_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_2112010185_0727127801_0704047306_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (190kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_2112010185_0727127801_0704047306_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi penggunaan media sosial TikTok sebagai media promosi dalam menciptakan daya saing dan keberlanjutan usaha pada UMKM BerkahFD Gorden Kediri. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap pemilik dan konsumen UMKM, didukung dengan analisis tematik berdasarkan 4P’s of Innovation (Produk, Proses, Posisi, Paradigma) sebagai berikut: Persiapan Penelitian Menentukan tujuan penelitian dan merumuskan pertanyaan penelitian. Pemilihan Partisipan Menentukan kriteria pemilihannya dan merekrut pemilik serta konsumen UMKM yang relevan. Pengumpulan Data Melakukan wawancara mendalam dengan partisipan untuk mengumpulkan informasi terkait inovasi dalam aspek Produk, Proses, Posisi, dan Paradigma. Analisis Tematik Mengidentifikasi tema-tema yang muncul dari data wawancara, mengelompokkan informasi berdasarkan 4P’s of Innovation. Pelaporan Hasil Menyusun laporan penelitian yang mencakup metodologi, temuan, dan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa TikTok berkontribusi signifikan dalam meningkatkan visibilitas produk dan daya saing usaha melalui konten kreatif, interaktif, dan tren digital yang relevan. Strategi berbasis TikTok memungkinkan efisiensi biaya promosi sekaligus menjangkau audiens yang lebih luas. Studi ini memperkaya literatur mengenai implementasi 4P’s of Innovation dalam pemasaran digital, khususnya melalui media sosial TikTok untuk UMKM di Indonesia. Temuan ini memberikan panduan praktis bagi UMKM dalam memanfaatkan TikTok untuk meningkatkan keberlanjutan bisnis, sekaligus memberikan rekomendasi bagi pembuat kebijakan untuk mendukung transformasi digital UMKM. Penelitian ini terbatas pada satu UMKM di Kediri, sehingga hasilnya mungkin tidak sepenuhnya mewakili UMKM lain dengan konteks berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: UMKM, TikTok, Pemasaran Digital, Inovasi, Daya Saing, Promo
Subjects: 550 Economics > 570 Management science
550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Mohamad Mauludin
Last Modified: 07 Aug 2025 06:36
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20465

Actions (login required)

View Item View Item