PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN MISTERY BOX PADA MATA PELAJARAN PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI KELAS X SMK PGRI 2 KEDIRI

Febrian, Elrisa Riris (2025) PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN MISTERY BOX PADA MATA PELAJARAN PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI KELAS X SMK PGRI 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Full text)
RAMA_87203_2112030019.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_87203_2112030019_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_2112030019_0006016701_0005086802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87203_2112030019_0006016701_0005086802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (329kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87203_2112030019_0006016701_0005086802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (434kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87203_2112030019_0006016701_0005086802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (655kB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87203_2112030019_0006016701_0005086802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (172kB)
[img] Text (References)
RAMA_87203_2112030019_0006016701_0005086802_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (246kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87203_2112030019_0006016701_0005086802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran akuntansi di SMK sering dianggap sulit dan membosankan karena kurangnya media pembelajaran yang menarik, sehingga minat dan hasil belajar siswa rendah, khususnya pada materi Persamaan Dasar Akuntansi. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan media inovatif seperti Mistery Box, permainan edukatif yang dirancang untuk membuat proses belajar lebih menyenangkan, interaktif, dan memudahkan siswa memahami konsep dasar akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa Mistery Box untuk mata pelajaran Persamaan Dasar Akuntansi di kelas X SMK PGRI 2 Kediri. Mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Mistery Box sebagai alat bantu dalam pembelajaran akuntansi. Memberikan alternatif media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan guru dan siswa serta mendorong inovasi pembelajaran yang lebih kreatif dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan tahapan, mengidentifikasi potensi dan masalah pembelajaran, mengumpulkan data awal melalui observasi, angket, mendesain media Mistery Box, serta memvalidasi desain melalui ahli media dan materi. Setelah revisi berdasarkan masukan ahli, dilakukan uji coba terbatas pada siswa, diikuti revisi produk dan uji coba skala luas menggunakan desain one group pretest-posttest. Data dianalisis untuk menilai kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media. Produk akhir dinyatakan layak digunakan dan disertai saran pengembangan lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Mistery Box sangat valid dengan skor rata-rata validasi 95% dari ahli media dan materi. Media ini juga dinilai praktis karena mudah digunakan, menarik, dan murah untuk dibuat. Dari segi efektivitas, Mistery Box berhasil meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, dengan semua siswa mencapai atau melampaui KKM setelah penggunaan media. Respon siswa pun sangat positif, dengan penilaian rata-rata 84%. Dengan demikian, Mistery Box dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran akuntansi, khususnya materi Persamaan Dasar Akuntansi, dan dapat dikembangkan untuk materi lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mistery Box, media pembelajaran, akuntansi, kevalidan, kepraktisan, keefektifan
Subjects: 550 Economics > 562 Accounting
710 Education science > 723 Economic education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Elrisa Riris Febrian
Last Modified: 07 Aug 2025 06:03
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20443

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item