ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN SWOT DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA MODERNISASI PADA PRODUK JENANG KAWAH BU UMI

Maharani, Silka (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN SWOT DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA MODERNISASI PADA PRODUK JENANG KAWAH BU UMI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_61201_2112010030.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_61201_2112010030_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2112010030_0701018607_0709097606_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (827kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_61201_2112010030_0701018607_0709097606_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_61201_2112010030_0701018607_0709097606_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_61201_2112010030_0701018607_0709097606_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_61201_2112010030_0701018607_0709097606_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_61201_2112010030_0701018607_0709097606_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (206kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_61201_2112010030_0701018607_0709097606_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh UMKM makanan tradisional "Jenang Kawah Bu Umi" dalam menghadapi tantangan modernisasi. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal, serta peluang dan ancaman eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun produk memiliki identitas lokal yang kuat dan pelanggan setia, masih terdapat kendala dalam promosi digital dan jangkauan distribusi. Penelitian ini merumuskan strategi seperti pelatihan pemasaran digital, inovasi kemasan, dan penguatan merek. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada analisis berbasis budaya terhadap pemasaran produk tradisional dalam konteks transformasi digital pada UMKM pedesaan. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi pelaku usaha untuk menjaga keberlanjutan warisan kuliner tradisional sekaligus mampu bersaing di tengah dinamika pasar modern.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, UMKM, SWOT
Subjects: 550 Economics > 570 Management science
550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Silka Maharani
Last Modified: 07 Aug 2025 06:29
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20442

Actions (login required)

View Item View Item