MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI NUMERASI SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI SMP MUHAMMADIYAH 4 PRAMBON MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, SHARE

Rahmawati, Susi (2025) MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI NUMERASI SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI SMP MUHAMMADIYAH 4 PRAMBON MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK, PAIR, SHARE. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84205_2115020006.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84205_2115020006_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_2115020006_0711096102_0717058904_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (896kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_2115020006_0711096102_0717058904_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_2115020006_0711096102_0717058904_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_2115020006_0711096102_0717058904_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_2115020006_0711096102_0717058904_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84205_2115020006_0711096102_0717058904_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (407kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84205_2115020006_0711096102_0717058904_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi dan hasil wawancara yang dilakukan bersama guru IPA Biologi kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Prambon yang mengungkapkan bahwa kegiatan pembelajaran kurang menekankan pada soal-soal yang melatih pemahaman tentang menganalisis informasi, proses pemecahan masalah serta proses pembelajaran yang berorientasi pada guru. Hasil angket kompetensi literasi numerasi siswa tergolong “Rendah” yakni 50%. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi literasi numerasi siswa kelas VII pada pembelajaran IPA Biologi melalui penerapan model pembelajaran Think, Pair, Share. Metode penelitian yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan (Planning), pelaksanaan (Implementation), pengamatan (Observation), refleksi (Reflection). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus pada bulan Januari 2025 sampai dengan Februari 2025. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Prambon dengan jumlah 13 siswa tahun ajaran 2024/2025. Instrumen pada penelitian ini adalah angket kompetensi literasi numerasi, lembar observasi, lembar wawancara, soal tes akhir dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni skor rata-rata soal tes akhir pada siklus satu yang dibandingkan dengan siklus dua. Pada indikator pertama menganalisis informasi dalam berbagai bentuk memiliki nilai rata-rata sebesar 63 dengan kategori “Sedang” pada siklus 1 kemudian naik menjadi 81 pada siklus 2 dengan kategori “Sangat Tinggi”. Indikator kedua menggunakan angka dan simbol dalam menyelesaikan masalah pada siklus 1 memiliki nilai rata-rata sebesar 62 dengan kategori “Sedang” kemudian naik menjadi 78 pada siklus 2 dengan kategori “Sangat Tinggi”. Indikator ketiga menarik kesimpulan pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 63 dengan kategori “Sedang” kemudian meningkat menjadi 80 pada siklus 2 dengan kategori “Sangat Tinggi”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Literasi Numerasi dan Think, Pair, Share
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Susi Rahmawati
Last Modified: 07 Aug 2025 06:00
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20421

Actions (login required)

View Item View Item