Rohmah, Nirmala (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL, KOMUNIKASI BISNIS DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE (Studi Kasus Pada Penjual Online Di Desa Tales, Kec. Ngadiluwih, Kab. Kediri). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_87203_2112030006.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_87203_2112030006_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87203_2112030006_0006016701_0005086802_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_87203_2112030006_0006016701_0005086802_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (493kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_87203_2112030006_0006016701_0005086802_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (424kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_87203_2112030006_0006016701_0005086802_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (579kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_87203_2112030006_0006016701_0005086802_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (267kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_87203_2112030006_0006016701_0005086802_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (245kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_87203_2112030006_0006016701_0005086802_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (866kB) |
Abstract
Seiring pesatnya perkembangan teknologi internet dan e-commerce, pelaku usaha kecil dan menengah di daerah pedesaan menghadapi tantangan dalam memanfaatkan teknologi digital guna memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing bisnis. Penelitian ini menganalisis pengaruh media sosial, komunikasi bisnis, dan inovasi produk terhadap perkembangan bisnis online dengan studi kasus pada penjual online di Desa Tales, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh media sosial, komunikasi bisnis, dan inovasi produk terhadap perkembangan bisnis online, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan dalam memengaruhi perkembangan bisnis online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku usaha online di Desa Tales, dan jumlah sampel sebanyak 63 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala Likert. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) Media sosial (X1), memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap bisnis online dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05. 2) Variabel Komunikasi bisnis (X2), memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap bisnis online dengan nilai signifikan 0,037 lebih kecil dari 0,05. 3) Variabel Inovasi Produk (X3) memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap bisnis online dengan nilai signifikan 0,040 lebih kecil dari 0,05. 4) Hasil uji simultan (uji F) juga menunjukkan nilai F-hitung sebesar 33,661 dengan signifikansi 0,000, hal ini menunjukan bahwa ketiga variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perkembangan bisnis online. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media sosial, komunikasi bisnis, dan inovasi produk memiliki peran yang signifikan dalam mendorong perkembangan bisnis online. Oleh karena itu, para pelaku usaha di Desa Tales disarankan untuk meningkatkan pemanfaatan media sosial, memperkuat strategi komunikasi bisnis, serta terus melakukan inovasi produk agar mampu bersaing dan berkembang secara berkelanjutan di era digital. Penelitian ini juga memberikan kontribusi bagi pengembangan UMKM berbasis digital, khususnya di daerah pedesaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Komunikasi Bisnis, Inovasi Produk, Bisnis Online |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 594 Administrative sciences (commerce, state, public, development, etc.) 580 Humaniora social science > 610 Social sciences |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | NIRMALA ROHMAH |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:54 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20394 |
Available Versions of this Item
Actions (login required)
![]() |
View Item |