Mardani, Diky Satra (2025) PENGEMBANGAN MEDIA “ROMPI TERNAMA” SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA YANG EFEKTIF BAGI SISWA KELAS V SDN MOJOROTO 4. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_2114060105.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2114060105_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2114060105_0705069001_0713037304_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2114060105_0705069001_0713037304_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (320kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2114060105_0705069001_0713037304_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (489kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2114060105_0705069001_0713037304_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (874kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2114060105_0705069001_0713037304_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (174kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2114060105_0705069001_0713037304_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (183kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2114060105_0705069001_0713037304_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara dan observasi peneliti bahwa pembelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia di kelas V SDN Mojoroto 4, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri belum berjalan secara efektif. Hal ini terlihat dari masih digunakannya metode teacher centered, yaitu pembelajaran yang berfokus pada penjelasan dari guru. Kondisi ini menyebabkan siswa kurang aktif dan cenderung pasif dalam proses belajar, yang berdampak pada rendahnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Selain itu, hasil pretest yang dilakukan menunjukkan bahwa sebanyak 85,18% dari 27 siswa belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), karena tidak mampu memahami materi sistem pencernaan manusia dengan baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kevalidan media “Rompi Ternama” sebagai alat bantu pembelajaran sistem pencernaan manusia yang efektif bagi siswa kelas V SDN Mojoroto 4. (2) Untuk mengetahui kepraktisan media “Rompi Ternama” sebagai alat bantu pembelajaran sistem pencernaan manusia yang efektif bagi siswa kelas V SDN Mojoroto 4. dan (3) Untuk mengetahui keefektifan media “Rompi Ternama” sebagai alat bantu pembelajaran sistem pencernaan manusia yang efektif bagi siswa kelas V SDN Mojoroto 4. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau Research and Development. Adapun langkah-langkah sesuai dengan prosedur model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini yaitu validator materi, validator media, guru kelas V, dan siswa kelas V SDN Mojoroto 4 berjumlah 8 anak untuk uji coba terbatas dan 19 anak untuk uji coba luas. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media “Rompi Ternama” materi sistem pencernaan manusia adalah sebagai berikut, (1) Dinyatakan sangat valid dengan presentase 95,33% pada validasi ahli materi dan 92% pada validasi ahli media. (2) Dinyatakan sangat praktis dengan presentase 92% dari hasil respon guru dan 93,75% respon siswa pada uji coba terbatas serta 94,73% pada uji coba luas. (3) Dinyatakan sangat efektif setelah dilakukan uji coba terbatas dengan hasil pengerjaan posttest yang tuntas secara klasikal dengan presentase 75% pada uji coba terbatas dan 84,21% pada uji coba luas. Kesimpulan dalam penelitian ini media “Rompi Ternama” pada materi sistem pencernaan manusia ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk siswa kelas V SDN Mojoroto 4.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media, Rompi Ternama, Sistem Pencernaan Manusia, pembelajaran IPA. |
Subjects: | 260 Medical science > 306 Basic medical sciences 710 Education science > 771 Biology education 710 Education science > 775 Natural sciences education (science) 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Diky Satra Mardani |
Last Modified: | 06 Aug 2025 18:11 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/20037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |