Nur Aini, Ersa Dwi (2025) OPTIMALISASI PROSES BISNIS PADA KEDAI MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT (BPI). Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_57201_2113030063.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_57201_2113030063_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_57201_2113030063_0731087703_0721018801_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_57201_2113030063_0731087703_0721018801_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (385kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_57201_2113030063_0731087703_0721018801_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_57201_2113030063_0731087703_0721018801_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_57201_2113030063_0731087703_0721018801_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (263kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_57201_2113030063_0731087703_0721018801_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (263kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_25701_2113030063_0731087703_0721018801_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kedai, sebuah bisnis kuliner di Kediri, mengalami pertumbuhan pesat dengan meningkatnya jumlah pelanggan, namun menghadapi tantangan seperti waktu tunggu yang lama, kesalahan pencatatan pesanan, dan komunikasi antar karyawan yang kurang efektif. Permasalahan ini berdampak pada kepuasan pelanggan dan efisiensi operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses bisnis di Kedai menggunakan metode Business Process Improvement (BPI) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan simulasi kuantitatif melalui Bizagi Modeler. Penelitian ini juga mengembangkan sistem pemesanan online berbasis website menggunakan PHP, CSS, JavaScript, dan Bootstrap untuk mempercepat layanan dan meningkatkan koordinasi antar karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses As-Is memiliki inefisiensi, dengan waktu pelayanan rata-rata 38–42 menit untuk 45 pesanan. Setelah implementasi BPI dan sistem pemesanan online (To-Be), waktu pelayanan berkurang menjadi 22–28 menit per pesanan, dengan total 14 jam 18 menit untuk 45 pesanan, serta mengurangi kesalahan pesanan dan meningkatkan koordinasi kasir-dapur-pelayan. Sistem ini juga mendukung pembayaran digital via QRIS, meningkatkan akurasi dan kenyamanan pelanggan. Secara keseluruhan, kombinasi BPI dan teknologi digital terbukti efektif dalam meningkatkan efisiensi pelayanan, mengurangi kesalahan, mempercepat waktu layanan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan, memberikan solusi praktis untuk operasional Kedai dan kontribusi teoritis pada penerapan BPI di industri kuliner.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Business Process Improvement (BPI), Pemesanan Online, Efisiensi Layanan, Komunikasi Internal, Kepuasan Pelanggan, Kedai |
Subjects: | 410 Engineering science > 457 Computer engineering 410 Engineering science > 459 Computer science 410 Engineering science > 461 Information systems |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Sistem Informasi |
Depositing User: | ERSA DWI NUR AINI |
Last Modified: | 06 Aug 2025 15:42 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |