Muhammad Fajrul, Fahmi (2025) SISTEM KLASIFIKASI TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DENGAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_55201_2113020008.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_55201_2113020008_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (963kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_55201_2113020008_0721058902_0704108701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (566kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_55201_2113020008_0721058902_0704108701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (204kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_55201_2113020008_0721058902_0704108701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (769kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_55201_2113020008_0721058902_0704108701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (471kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_55201_2113020008_0721058902_0704108701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_55201_2113020008_0721058902_0704108701_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (134kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_55201_2113020008_0721058902_0704108701_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem klasifikasi kepuasan pelanggan pada Toko Buku Anugerah Ilmu yang berlokasi di Kabupaten Kediri dengan memanfaatkan algoritma K-Nearest Neighbor (KNN). Algoritma KNN digunakan karena dari penelitian terdahulu telah terbukti mampu mengklasifikasikan data berdasarkan jarak kemiripan antar atribut. Sistem yang dikembangkan mampu mengelompokkan data hasil survei ke dalam tiga tingkatan kepuasan, yaitu Puas, Biasa, dan Kurang Puas, berdasarkan sejumlah indikator penilaian dari pelanggan. Proses pengembangan sistem mengikuti model waterfall dan diimplementasikan pada platform berbasis web. Berdasarkan hasil pengujian, sistem menunjukkan performa klasifikasi dengan tingkat akurasi sebesar 96,72% pada nilai K = 3. Evaluasi kinerja model dilakukan menggunakan confusion matrix serta metrik evaluasi lainnya seperti precision, recall, dan F1-score. Sementara itu, hasil pengujian sistem menggunakan metode Blackbox Testing membuktikan bahwa seluruh fungsionalitas sistem telah berjalan sesuai dengan spesifikasi kebutuhan pengguna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | K-Nearest Neighbor, Kepuasan Pelanggan, Klasifikasi Data |
Subjects: | 410 Engineering science > 457 Computer engineering 410 Engineering science > 459 Computer science 410 Engineering science > 461 Information systems 410 Engineering science > 463 Software engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika |
Depositing User: | Muhammad Fajrul Fahmi |
Last Modified: | 06 Aug 2025 15:14 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/19771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |